Cara Sederhana Untuk Sedekah Ke Sesama

  • 25 June 2021
  • Admin

Anda bebas menentukan jenis, jumlah dan kapan waktu pelaksanaan sedekah. Anda jangan pusing memikirkannya, mulailah dengan cara-cara sederhana seperti berikut sehingga tidak akan membebani diri. 

Cara Sedekah Secara Sederhana

Membersihkan  Masjid
Aktivitas ini meliputi membersihkan kaca, menyapu dan mengepel lantai. Semua orang pasti bisa melakukannya karena sangat gampang dan tidak memerlukan biaya. Di sini, Anda justru akan memperoleh bayaran berupa pahala. 

Berbagi Ilmu
Ada tiga macam amalan yang tidak akan putus ketika seseorang meninggal, salah satunya adalah ilmu yang bermanfaat. Saat ilmu yang Anda miliki dimanfaatkan orang lain untuk kebaikan maka pahalanya akan mengalir kepada Anda sepanjang masa.  

Mentraktir Teman Yang Berpuasa
Memberi makanan kepada teman yang sedang berpuasa adalah sedekah yang sederhana. Namun, perlu diketahui bahwa orang yang menyiapkan makanan untuk berbuka maka akan mendapat pahala yang sama dengan orang yang menjalankan ibadah puasa.  

Senyum
Sedekah yang satu ini paling mudah, sederhana dan murah untuk dikerjakan. Pada hadis riwayat dari Tirmidzi, disebutkan bahwa orang yang senyum kepada saudaranya adalah sedekah. 
Selain itu, sebuah senyuman dapat membahagiakan diri sendiri maupun orang lain. Bahkan, tersenyum juga merupakan kebiasaan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Membeli Ke Pedagang Asongan
Membeli tisu, peniti atau barang lainnya kepada pedagang asongan yang dijumpai di jalan adalah contoh sedekah sederhana. Perbuatan Anda telah membantu pedagang mendapat pemasukan uang yang akan dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup. 

Memberi Barang Bekas 
Botol bekas biasanya langsung dibuang di tempat sampah. Mulai sekarang, Anda bisa membiasakan diri untuk mengumpulkan secara terpisah botol atau plastik bekas yang bernilai ekonomis lalu memberikannya kepada pemulung. 

Bersedekah Dengan Tenaga
Apabila tidak mampu bersedekah dengan materi, Anda bisa memanfaatkan tenaga untuk membantu sesama. Misalnya saat atap rumah tetangga ada yang bocor, Anda bersedia membantu saat diminta tolong memperbaiki. 

Meskipun apa yang Anda lakukan hanya sederhana, namun memberikan banyak pengaruh positif dan manfaat. Oleh karena itu, sikap seperti itu harus dilatih secara perlahan sehingga nantinya akan membentuk sebuah kebiasaan yang baik.