Cara Usir Stres dan Kecemasan Menurut Ajaran Islam

  • 14 December 2021
  • Admin

Cara Usir Stres dan Kecemasan Menurut Ajaran Islam , Dalam menjalani kehidupan di dunia, stres dan cemas sudah menjadi hal yang lumrah terjadi bagi sebagian banyak orang. Rasa cemas dan stres kerap kali melanda sebagian orang yang sedang dihadapkan dengan suatu masalah dan ujian. 

Tidak jarang sebagian dari kita kerap kali merasakan cemas dan stres yang berkelanjutan sehingga berdampak pada kesehatan diri, baik kesehatan jasmani maupun kesehatan batin.  Untuk menghadapi rasa cemas dan stres, Islam memiliki beberapa obat untuk mengatasi kedua hal tersebut.

Cara Usir Stres dan Kecemasan Menurut Ajaran Islam 
Ada banyak cara untuk mengatasi kecemasan dan stres dalam kerangka Islam. Berikut adalah empat keajaiban dalam Islam yang mampu membatu kita untuk mengurangi stres dan kecemasan dalam hidup.

Memahami Penderitaan
Bagi sebagian orang yang telah berhasil mencapai sebuah kebijaksanaan dan kedamaian dalam hidup, merupakan mereka yang telah berhasil menggunakan penderitaan yang luar biasa sebagai alat untuk belajar, tumbuh dan menghasilkan perubahan yang besar dalam hidupnya.

Mendapati masalah besar tidaklah perlu disesali, sebab waktu tidak dapat diputar kembali, maka dari itu, sebaiknya jadikanlah sbeuah masalah menjadi pelajaran dan pengalaman agar kelak kita tidak lagi melakukan suatu kesalaha yang sama pada hari sebelumnya.

Fokus ke Hal Lain
Setelah kita berhasil memahami suatu penderitaan yang kita alami di dunia yang disebabkan oleh suatu alasan, kita dapat mulai melihatnya sebagai tawaran untuk bekerja. Allah SWT telah menunjuk kita untuk menjadi agen moral di dunia ini, menjadi aktivis menuju perbaikan masyarakat. Nabi Muhammad SAW bersabda:

مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطعْ فَبِقَلبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الإيْمَانِ

“Barang siapa di antara kamu melihat kemungkaran, hendaklah dia mengubahnya dengan tangannya, dan jika dia tidak mampu melakukannya, maka (biarkan dia mengubahnya) dengan lidahnya, dan jika dia tidak mampu melakukannya, maka dengan hatinya dan itu adalah selemah-lemahnya iman.” ( HR Muslim)

Berbuat baik adalah penangkal yang hebat untuk kecemasan dan stres, bahkan jika kecemasan dan stres itu melebihi kehidupan pribadi kita sendiri.

Meyakini Allah SWT Tempat Bergantung
Sebagai umat muslim, kita harus memahami bahwa ada kekuatan yang lebih tinggi dari segalanya yang mengatur alam semesta dan segala isinya. Allah berfirman dalam Alquran surat Al Ahqaf ayat 33:

أَوَلَمْ يَرَوْا أَنَّ اللَّهَ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَمْ يَعْيَ بِخَلْقِهِنَّ بِقَادِرٍ عَلَىٰ أَنْ يُحْيِيَ الْمَوْتَىٰ ۚ بَلَىٰ إِنَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

“Dan tidakkah mereka memperhatikan bahwa sesungguhnya Allah yang menciptakan langit dan bumi, dan Dia tidak merasa payah karena menciptakannya, adalah Mahakuasa (pula) menghidupkan yang mati? Begitulah, sungguh, Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Tetap Menjaga Rutinitas Ibadah
Sebagai umat muslim, shalat lima waktu merupakan kewajiban yang harus kita penuhi semasa hidup di atas dunia. Mendirikan shalat juga merupakan obat paling ampuh untuk mengurangi rasa cemas dan stres. Allah akan menguatkan iman dan hati seseorang yang selalu taat beribadah sehingga mereka yang gemar beribadah sulit untuk merasakan cemas dan stres yang berkelanjutan. 

Bagi kita yang sedang diuji dan dihadapkan dengan suatu masalah, hendaklah berdoa dan meminta kepada Allah seperti apa yang telah tercantum di dalam surat Al Baqarah ayat 45:

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ 

“Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan (salat) itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.”