Cara Wudhu Tayamum Yang Baik Dan Benar

  • 23 March 2021
  • Admin

Cara wudhu tayamum yang baik dan benar. Islam selalu memberikan solusi yang  terjadi jika kalau mau sholat kita akan berwudhu  dan tidak ada air maka , bisa berwudhu dengan bertayamum. Dalil cara berwudhu dengan Tayamum dari Al- Quran, Allah Ta’ala berfirman,

“ Dan Jika kamu sakit atau sedang musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air , maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); usaplah mukamu dan tanganmu. Sesungguhny Allah Maha pema’af lagi Maha pengampun.”(QS. An-Nisa:43)

Allah Ta’ala berfirman,

“ Lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapu lah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu.” ( QS. Al-Maidah:6)

Tata cara Tayamum yang shahih dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai berikut:
1.       Menepuk telapak tangan ke sho íd (contoh:debu) satu kali tepukan.
2.       Meniup kedua tangan tersebut,
3.       Terus mengusapkan ke wajah sekali .
4.       Mengusap punggung telapak tangan sekali

Tata cara tayamum di atas didukung dengan dalil dari Hadist ‘Ammar bin Yasir yaitu:

“Ada seseorang mendatangi ‘Umar bin AL Khottob, ia berkata , “Aku Junub dan tidak bisa menggunakan air.”  ‘Ammar bin Yasir lalu berkata pada ‘Umar bin Khottob mengenai kejadian ia dahulu,  “Aku dahulu berada dalam safar . Aku dan engkau sama – sama tidak boleh shalat. Adapun aku kala itu mengguling – gulingkan badanku ke tanah , lalu aku shalat.

Aku pun menyebutkan tindakanku tadi pada Nabi shallallahu ‘ alaihi wa sallam, lantas beliau bersabda, “ Cukup bagimu melakukan seperti ini. “ lantas beliau shallallahu ‘ alaihi wa sallam mencontohkan  dengan menepuk kedua telapak tangannya  ke tanah, beliau tiup kedua telapak tersebut, kemudian beliau mengusap wajah dan kedua telapak tangannya.

( HR. Bukhari no. 338 dan Muslim no.368). Dalam menjalankan suatu ibadah kita wajib sesuai dengan dalil. Selama kita selalu berpedoman dengan dalil , insya allah kita akan selamat di dunia dan akhirat. Hanya Allah yang memberi taufik.
Wallahualam bishawab.