Cara Wudhu Yang Benar Menurut Rasulullah

  • 24 March 2021
  • Admin

cara wudhu yang Benar Menurut Rasulullah.  Dari Ibnu Qoyyim rahimahullah yang  kami sarikan dari kitab beliau Zaadul Ma’ad  yang  menjelaskan tata cara wudhu Nabi shallallahu alaihi wasallam. Diantara petunjuk  Nabi shallallahu ‘ alaihi wa salam disaat ber wudhu sebagai berikut:
1.       Nabi Sallallahu ‘ alaihi wasallam Selalu berwudhu disetiap kali ingin mengerjakan  sholat.  Begitulah kondisi beliau pada umumnya. Terkadang beliau shallallahu ‘ alaihi wa sallam melakukan wudhu untuk beberapa shalat Dalam sekali wudhu ( HR. Muslim).
2.       Rasulullah kalau berwudhu dengan satu mud, kadang dengan sepertiga atau kadang sering lebih dari itu ( Satu mud = ukuran dua telapak tangan penuh)
3.       Rasulullah dalam menggunakan air wudhu beliau sangat hemat. Beliau mewanti-wanti umatnya-  dalam hadis yang sifatnya umum- agar jangan sampai bosor.
“  Beliaupun mengabari bahwa diantara umatnya ada yang berlebih-lebihan dalam thoharoh (bersuci).”  ( HR.Ahmad)
4.       Shahih dari Nabi shallallahu ‘ alaihi wa sallam. beliau ketika membasuh di setiap anggota wudhu , kadang sekali, dua kali dan kadang tiga kali
5.       Nabi shallallahu ‘ alaihi wa sallam  berkumur dan memasukan air ke dalam hidung kadang satu cidukan, kadang 2 dan tiga kali cidukan.
6.       Disebutkan  dalam shahih ( bukhari – muslim ) dari hadist ‘ Abdullah bin zaid, “  Rasulullah shallallahu ‘ alaihi wa sallam biasa berkumur-kumur dan memasukkan air  dalam hidung sekaligus dari telapak tangan  dan beliau melakukan seperti ini sebanyak tiga kali.”
7.       Nabi shallallahu ‘ alaihi wa sallam disaat memasukkan air ke dalam hidung  memakai tangan kanan dan tangan kiri untuk mengeluarkannya.
8.       Rasulullah  dalam mengusap kepala ke seluruh kepala ( bukan sebagian saja)  terkadang beliau mengusapnya dengan menarik tangan yang telah basah  dari belakang ke depan dan beliau tarik lagi ke belakang.
9.       Nabi shallallahu ‘ alaihi wa sallam  dalma wudhunya selalu mencuci kedua kakinya secara langsung kalau pada saat itu beliau tidak menggunakan khuf atau kaos kaki.tetapi beliau mengusap khuf dan kaos kaki beliau  kalau saja memang lagi kondisi memakainya( khuf = sepatu yang menutupi mata kaki)
10.   Nabi shallallahu ‘ alaihi wa sallam  selalu mengusap anggota wudhunya sesuai urutan dan berturut-turut ( tidak ada selang waktu antara anggota wudhu yang satu dengan yang lainnya ) .
Seperti berkumur,memasukkan air kehidung, membasuh wajah, membasuh tangan hingga siku, mengusap kepala  dan langsung menarik ke telinga,  mencuci kaki  secara langsung . dan rasulullah mengerjakannya secara tertib.