Ciri Ciri Jodoh Menurut Agama Islam

  • 14 August 2021
  • Admin

Ciri Ciri Jodoh Menurut Agama Islam - Jika bicara mengenai jodoh, dalam ajaran agama Islam jodoh adalah rahasia dari Allah SWT. Setiap manusia diciptakan secara berpasangan yang hanya saja kapan jodoh itu datang tidak ada yang pernah tau.

Meskipun kita telah menjalin sebuah hubungan bertahun lamanya namun jika Allah belum menghendaki maka belum tentu kita akan bisa berjodoh dan begitu pula meskipun kita baru saja mengenal satu sama lain, jika Allah telah menghendaki maka bisa saja orang yang baru kita kenal tersebut menjadi jodoh kita.

Meskipun jodoh adalah rahasia Allah, namun kita sebenarnya dapat mengetahui ciri ciri dari orang yang akan menjadi jodoh kita, dan berikut beberapa ciri ciri jodoh menurut Agama Islam.

1. Mendapat Ketenangan di Hati

Dalam sebuah hubungan, selisih paham atau pertengkaran merupakan hal yang sudah wajar terjadi, namun pertengkaran yang berlangsung lama yang bisa mengakibatkan masalah yang besar, maka sebaiknya anda mengubur dalam dalam harapan akan adanya sebuah jodoh.

Pasalnya, di dalam Islam, Al-Quran menyebut bahwa pasangan yang baik akan memberikan ketenangan di hati dan di dalam jiwa.

”…Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih sayang…” [QS.A-Ruum : 21].

2. Merasa Cukup dan Berhenti Mencari

Ciri ciri selanjutnya adalah rasa ingin berhenti mencari. Ketika anda merasa bahwa ada sesuatu yang kurang tanpa kehadirannya layaknya separuh jiwa telah pergi maka bisa jadi ia adalah orang yang akan menjadi jodoh dalam hidup anda.

3. Pihak Keluarga dapat Menerima dengan Hati Terbuka

Membangun hubungan rumah tangga tidak hanya akan melibatkan anda dengan pasangan anda saja melainkan akan melibatkan dua keluarga dari kedua bela pihak.

Adanya penyambutan yang baik dari kedua bela pihak keluarga bisa menjadi ciri ciri bahwa dia adalah orang yang akan menjadi jodoh anda di kemudian hari.

4. Saling Memahami

Saling memahami dan saling melengkapi adalah suatu hal yang harus dimiliki oleh setiap pasangan, pasalnya hal tersebutlah yang akan menjadi sebuah kecocokan dalam menjalin sebuah hubungan. Tidak jarang banyak orang yang menjadi jodoh ketika keduanya sudah mampu saling melengkapi dan saling memahami satu sama lainnya.

5. Mempunyai Beberapa Kemiripan

Dalam Islam, ciri ciri jodoh selanjutnya adalah adanya kemiripan, terutama iman dan sifat.

Hal ini dijelaskan dalam Al-Qur’an surat An-Nur ayat 26. Disebutkan bahwa gambaran jodoh adalah cerminan diri. Laki-laki yang baik akan dipertemukan dengan perempuan yang baik.

Nah itulah beberapa ciri ciri jodoh menurut islam, jadi bagaimana dengan pasangan anda saat ini apakah telah memiliki ciri ciri yang telah dijelaskan di atas.?