Daftar Makanan Buka Puasa Yang Sehat

  • 23 April 2022
  • Admin

 

Menu makanan buka puasa adalah yang paling dinanti nanti bagi kalian yang menjalankan ibadah puasa. Biasanya kita tidak memikirkan kesehatan dari makanan yang kita lihat enak dan menggiurkan disaat lagi puasa dan ingin menyantapnya setelah berbuka.

Tetapi kenyataannya makanan yang kita siapakan yang tadinya kita pengen memakannya , saat sudah berbuka puasa rasa ingin itu hilang. Kadang juga kita memakan semuanya yang membuat kita bisa kekenyangan. Dan setelah itu akan mengantuk . biasanya orang yang berbuka puasa dengan begitu banyak akan cepat mengantuk dan saat sholat tarawih kita akan mengantuk berat.

Berbuka dengan makanan yang ngasal dan tidak mementingkan kesehatan. Itu bisa membuat tubuh kita mudah lemas, kurangnya asupan nutrisi pada tubuh yang sangat penting supaya tubuh tetap sehat.

Berikut ini sejumlah Makanan Yang baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa dan daftar makanan buka puasa yang sehat.

1.   Kurma

Dari Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam , Dalam berbuka disunnahkan mengkonsumsi kurma dan air putih .

Dalam menjalankan ibadah puasa pastinya badan kita akan terasa lemas , maka dari itu saat berbuka buah kurma merupakan buah yang mempunyai gula alami, sehingga disaat berbuka dengan buah kurma bisa memulihkan kembali tenaga dan tubuh tidak akan lemas lagi.

Buah kurma yang berasal dari negara timur tengah ini memiliki kandungan mineral yang baik untuk tubuh , yaitu kalium dan serat.

2.       Buah Alpukat dan Telur Rebus

Makanan yang kedua adalah buah alpukat dan telur rebus, kedua makanan ini sangat mudah dicerna oleh lambung dan usus. Jadi mengkonsumsi buah lapukat dan telur rebus  adalah pilihan makanan yang bai sebagai menu buka puasa.

3.       Smoothies

Smoothies adalah minuman yang mempunyai kandungan serat yang rendah, sehingga sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh kita. Selain itu disaat kita meminum Smoothies untuk membatalkan puasa akan terasa sangat menyegarkan .

4.       Sup

Sup merupakan makanan yang berkuah seperti Sup atau soto yang bisa  dijadikan pilihan yang tepat untuk menu buka puasa.  Selain terdapat kandungan cairan , sup juga bisa membuat perut cepat kenyang dan memberikan nutrisi yang cukup untuk kebutuhan tubuh kita setelah berpuasa.

5.       Kolak pisang tanpa santan

Menu yang kelima ini merupakan menu yang akan slelau ada di saat bulan suci ramadhan , yaitu kolak. Untuk kalian yang kurang menyukai makanan yang bersantan atau takut untuk memakan kolak disebabkan adanya kandungan santannya. Kalian tidak perlu cemas.

Kalian bisa mengganti santan untuk kolak dengan bahan lain yang lebih menyehatkan. Kalian bisa menggunakan susu sebagai pengganti santan pada kolak. Kalian bisa memakai susu skim yang memiliki kandungan lemak yang lebih rendah. Bisa juga untuk gula merahnya kalian ganti dengan pemanis buatan yang memiliki kalori yang rendah.  Pemanis buatan bisa membuat menu berbuka puasa kalian terasa manis. Namun tetap aman untuk mengontrol kadar gula darah anda.

6.       Salad sayur dan buah

Sayur dan buah sudah pasti merupakan makanan yang sehat , yang bisa kalian pakai untuk berbuka puasa. Panduan kesehatan Ramadhan dari NHS telah merekomendasikan konsumsi makanan kaya serat  yaitu seperti sayur dan juga buah . kedua menu ini memang sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan serat harian kita.

Dengan mengkonsumsi sayur dan buah efek kenyang akan berlangsung lebih lama, karena lambung dan usus secara perlahan membuat pengosongan perut lebih lama. Hindarilah saus yang memiliki kandungan garam yang tinggi, gula, dan lemak jenuh yang tinggi juga. Seperti contohnya krim kental manis, mayonaise dan  saus keju  disaat kalian membuat salad dari buah dan sayur.

Untuk pembuatan salad buah dan sayur yang sehat kalian bisa menggunakan  minyak zaitun, madu dan lemon, dan juga yoghurt tanpa gula.

Demikian daftar makanan buka puasa yang sehat, semoga bisa bermanfaat