Dahsyatnya Al-Qur’an Satu-satunya Kalam Bersifat Abadi

  • 14 January 2022
  • Admin

Segala puji bagi Allah yang dimana telah menurunkan kalam-Nya , Al Qur’An Sebagai penyejuk hati. Shalawat serta salam kepada junjungan kita  Nabi muhammad shallallahu alaihi’ wa sallam beserta keluarganya. Sahabatnya dan juga orang –orang yang mengikuti  mereka dengan  baik hingga  akhir zaman. Aamiin

Manusia selalu tergoda dan terkagum dengan apa yang ada di dunia. Dan juga sangat terpesona hingga  bisa menjadi lupa akan daratan. Dunia pun dikejar-kejar tanpa merasa puas. Sifat qona’ah, merasa cukup dengan setiap nikmat rizki pun jarang dimiliki. Demikian watak manusia . inilah yang terjadi pada banyak orang termasuk pula si penulis . 

Al-Qur’an bukanlah makhluk. Al- qur’an itu adalah prinsip akidah yang paling dasar agar benar dalam memahami Al- Quran.  Imam Al-Muzani rahimahullah berkata, yang artinya

“Al-Qur’an itu kalamullah (Firman Allah ‘azza wa jalla), berasal dari  sisi-Nya alquran itu bukanlah Makhluk yang akan binasa.”

Maksud  perkataan Imam Al- muzani rahimahullah bahwa Allah itu berbicara dengan Al-qur’an secara hakikat, dan aL –Quran itu berasal dari sisi Allah.

Dalil yang menguat kan hal diatas adalah firman allah Ta’ala yang artinya

 “Alif laam raa, (inilah) suatu kitab yang ayat-ayatnya disusun dengan rapi serta dijelaskan secara terperinci , yang diturunkan dari sisi (allah) yang maha Bijaksana lagi maha tahu. “( QS. Hud:1 )

Al-Quran itu Langsung dari Allah, Bukan kalam Jibril.

Al-Qur’an Al-‘Azhim adalah kalamullah , merupakan sifat diantara sifat allah ‘azza wa jalla itu berbicara . Di Antara kalam allah adalah apa yang diturunkan kepada rasulullah  Shallallahu ‘alaihi wa sallam.  Al-Qur’an ini dimulai dari surat al-fatihah dan ditutup dengan surat An-naas. Allah memberikan kepada kita kemudahan untuk Al- Quran  itu tidaklah berat. Dalam ayat disebutkan . yang artinya:

“dan Sesungguhnya telah kami mudahkan Al-Qur’an  untuk pelajaran , maka adakah orang yang  mengambil pelajaran? “ ( QS Al-Qamar. 17)

Berikut adalah beberapa dahsyatnya keutamaan  bagi yang mengkaji, memahami , merenungkan dan menghafal Al- Quran.

Dari Abu umamah Al Bahiliy, (beliau berkata) . “Aku mendengar rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

 “ Bacalah Al Qur’an karena al qur’an akan datang pada hari kiamat nanti sebagai Syafi’( pemberi Syafa’at ) bagi yang membaca nya. Bacalah Az Zahrawain ( dua surat cahaya) yaitu surat Al Baqarah dan al imran karena keduanya datang pada hari kiamat nanti seperti dua awan atau seperti dua cahaya sinar matahari atau seperti dua ekor burung yang membentangkan sayapnya (bersambung satu dengan yang lainnya), Keduanya akan menjadi pembela bagi yang rajin membaca dua surat  tersebut. Bacalah pula surat al baqarah. Mengambil surat tersebut adalah suatu keberkahan dan meninggalkan nya akan mendapat penyesalan. Para tukang sihir tidak mungkin menghafalnya. “ ( HR. Muslim  no.1910. lihat penjelasan hadits ini secara lengkap do at taisir  bi Syarhi  AL  jami’Ah Shogir, al Munawi? 1/1388 Asy Syamilah)

Keutamaan Dahsyat memiliki hafalan al quran. Dari Abdullah bin Amr  rasulullah  shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dan artinya

“Dikatakan kepada orang yang membaca(menghafalkan( Al-Qur'an  nanti : Bacalah dan Naiklah serta tartillah sebagaimana engkau di dunia mentaatinya. Karena kedudukanmu adalah pada akhir ayat yang engkau baca(hafal.”  ( HR.Abu daud no.1464 dan tirmidzi no 2914. Syaikh al albani dalam As Silsilah ash Shahihah no 2240 mengatakan bahwa hadits ini shahih).