Doa Ketika Menghadapi Masalah Biar Cepat Selesai

  • 07 March 2022
  • Admin

Di dalam hidup di dunia ini kita pastinya akan menghadapi segala masalah yang ada, dari masalah besar maupun kecil kita pasti akan pernah merasakannya. Setiap masalah jika kita hadapi dengan sungguh-sungguh maka masalah tersebut akan terselesaikan dengan mudah dan berjalan dengan baik.

Kita bisa mendefinisikan Masalah Adalah sesuatu yang datang pada setiap manusia yang tidak dapat dihindari tetapi tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Kita sebagai manusia  jangan pernah takut dalam menghadapi masalah, sebab masalah yang datang pada diri kita merupakan sebuah proses dalam menuju kehidupan yang lebih baik. Dalam setiap permasalahan kita bisa menjadikan motivasi  yang membuat kita berkembang dan kita tidak selalu berada dititik yang sama.

Kita juga bisa menghadapi masalah dengan cara memanjatkan doa permohonan kepada Allah Subhanahu wata’ala  supaya diberikan jalan keluar. Berikut doa ketika menghadapi masalah biar cepat selesai.

Rabbanā ātinā mil ladunka raḥmataw wa hayyi` lanā min amrinā rasyadā.

Artinya: "Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisiMu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)." Qs. Al kahfi Ayat 10)

 Rabbi adkhilnī mudkhala ṣidqiw wa akhrijnī mukhraja ṣidqiw waj'al lī mil ladunka sulṭānan naṣīrā.

Artinya: “ Ya Tuhanku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah (pula) aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong.” ( QS. Al Isra Ayat 80)

Rabbanā 'alaika tawakkalnā wa ilaika anabnā wa ilaikal-maṣīr.

Artinya: "Ya Tuhan kami hanya kepada Engkaulah kami bertawakkal dan hanya kepada Engkaulah kami bertaubat dan hanya kepada Engkaulah kami kembali." ( QS. Al Mumtahanah Ayat  4)

Sebagai manusia kita tidak bisa mengetahui kapan kita akan mendapatkan maslah yang besar maupun kecil. Semua itu telah diatur oleh Allah Subhanahu wa ta'ala  . walaupun kita ini hidup di dunia tidak akan pernah tidak terkena masalah karena allah memberikan masalah itu sebagai ujian untuk menambah derajat kita dan imbalannya surga di akhirat nanti. Dan diketahui Rasulullah shallallahu ‘ alaihi Wasallam  selalu berdoa di pagi dan sore  agar diampuni dunia dan akhirat dan juga terbebas dari segala masalah. Berikut doa nya:

ALLAHUMMA INNII AS-ALUKAL ‘AFWA WAL ‘AAFIYAH FID DUN - YAA WAL AAKHIRAH. ALLAHUMMA INNII AS-ALUKAL ‘AFWA WAL ‘AAFIYAH FI DIINI WA DUNYAA-YA WA AHLII WA MAALII.

ALLAHUMMAS-TUR ‘AU-RAATII WA AAMIN RAU-’AATII.

ALLAHUMMAH-FADZ-NII MIN BAINI YADAYYA WA MIN KHALFII WA ‘AN YAMIINII WA ‘AN SYIMAALII WA MIN FAUQII.

WA A-’UUDZU BI ‘ADZMATIKA AN-UGHTAALA MIN TAHTII

Yang Artinya: Ya Allah! Sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah dalam urusan agama, dunia, keluarga dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku dan tenangkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah! Jagalah aku dari arah muka, belakang, kanan, kiri dan dari atasku, dan aku berlindung dengan kebesaranMu, agar aku tidak dihancurkan dari bawahku  (HR. Ahmad 4785, Abu Daud 5074, Ibn Majah 3871, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Adapun beberapa hadits yang menyebutkan Keutamaan Doa ini, salah satunya adalah

Dari Abbas bin Abdul Muthalib, beliau bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: “ Ya Rasulullah, ajarilah aku do’a yang harus aku panjatkan kepada Allah? Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Wahai Abbas, mintalah al afiyah (terbebas dari masalah) kepada Allah.” Kemudian, setelah tiga hari, Abbas datang lagi dan mengatakan: Ya Rasulullah, ajarilah aku do’a yang harus aku panjatkan kepada Allah? Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Wahai Abbas, wahai pamanku, mintalah kepada Allah al afiyah (terbebas dari masalah) di dunia dan akhirat.” (HR. Al Bukhari dalam Adabul Mufrad dan dishahihkan Al Albani)