Doa Membangun Rumah Menurut Islam

  • 12 June 2021
  • Admin

Membangun sebuah rumah sendiri merupakan sebuah impian dari semua orang. Keberhasilan dalam membangun sebuah rumah tentunya tidak hanya didasari oleh kualitas konstruksi bangunan saja melainkan disertai dengan doa dan sebuah harapan yang besar.

Banyak orang yang percaya bahwa segala hal yang didasari dengan sebuah doa akan berjalan lebih baik, seperti halnya dengan membangun sebuah rumah. Lantas bagaimana doa membangun rumah menurut islam.? Berikut ini kami akan berbagi beberapa doa yang dapat anda bacakan ketika anda akan membangun sebuah rumah yang diambil dari beberapa surat dan hadis.

1. Doa Membangun Rumah Menurut Islam dari Surat Al Mu’minun
Berikut adalah doa membangun rumah yang diambil dari potongan Surat Al Mu’minun ayat 29.
?????? ???????????? ????????? ??????????? ???????? ?????? ???????????????

“Rabbi anzilni munzalan mubarakan wa anta khoirul munzalin,”.
Arti dari doa ini adalah “Ya Allah, tempatkan aku di tempat yang berkah, dan Engkau adalah sebaik-baik pemberi tempat,”.

2. Doa dari Hadis Imam Muslim
Untuk doa ini, anda bisa bacakan ketika proses pembangunan rumah berlangsung atau ketika proses pembangunan telah selesai.
Doa dari HR Imam Muslim:

??????? ??????????? ????? ???????????? ???? ????? ??? ??????
“A’uudzu Bi Kalimaatillahit Taamaati Min Syarri Maa Khalaq,”.
Arti dari doa tersebut adalah, “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejelekan apa saja yang Dia ciptakan,”.

3. Doa Membangun Rumah Menurut Islam dari Hadis Abu Daud
Setiap orang tentunya ingin rumah yang dibangunnya dapat membawa sebuah keberkahan, dan berikut ini ada doa yang dapat anda amalkan
Doa ini diambil dari Hadis Abu Daud.

?????????? ?????? ?????????? ?????? ??????????? ???????? ??????????? ?????? ??????? ????????? ???????? ??????? ????????? ??????? ??????? ???????? ????????????
“Allahumma innii as-aluka khairal mawlaji wa khairal makhraji bismillahi wa lajnaa wa bismillahi kharajnaa wa ‘alaallahi rabbanaa tawakkalnaa,”.

Arti dari doa tersebut adalah, “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu atas kebaikan rumah yang aku masuki dan kebaikan rumah yang aku tinggalkan. Dengan menyebut nama Allah aku masuk, dan dengan menyebut nama Allah aku keluar, dan kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakal.”

4. Doa Wujud Rasa Syukur dari Hadis Anas bin Malik
Sebaiknya ucaplah rasa syukur terhadap segala sesuatu nikmat atau berkat yang telah anda dapatkan. Untuk mengucapkan rasa syukur dari keberhasilan membangun rumah, anda bisa membaca doa berikut ini.
Doa tersebut dapat kamu ambil dari Hadis Anas bin Malik.

Berikut kutipan doa yang bisa kamu ikuti:

??? ???? ??????? ??? ??????? ?????? ?????????

“Masya Allah Laa Quwwata Illa Billah,”.

Artinya dari doa tersebut adalah,“Semua kehendak Allah tidak ada daya dan upaya kecuali dengan izin Allah,”.

Ucapkanlah empat kalimat doa tersebut secara sungguh-sungguh.

Sebagai tambahan, bacalah lafal ini di awal doa agar keinginan kamu cepat terkabul:
??????????? ?????? ?????????? ???????? ???????? ??????? ?????? ????? ??? ?????? ?????? ?????? ???????? ????????? ??????? ???? ?????? ?????? ??????? ?????? ?????? ???? ??????? ??????

“Allâhumma innî as’aluka bi annî asyhadu annaka antallâhu, lâ ilâha illâ antal ahadus shamad, alladzî lam yalid wa lam yûlad, wa lam yakullahû kufuwan ahad,”.

Arti dari doa tersebut adalah, “Tuhanku, aku memohon (pertolongan) kepadaMu. Aku bersaksi bahwa Engkau adalah Allah. Tiada tuhan selain Engkau Yang Maha Esa, tempat bergantung yang tiada melahirkan dan tiada dilahirkan, serta tiada apapun yang menyamai-Nya,”.
Itulah beberapa doa yang dapat anda amalkan ketika anda telah berhasil membangun rumah pribadi anda, dan semoga dengan berdoa anda dapat diberikan keberkahan dan nikmat yang berlimpah.. Aminn..