Doa untuk Bayi yang Baru lahir sesuai Sunnah

  • 26 February 2021
  • Admin

Bismillahirrohmanirrohim. Doa untuk Bayi yang Baru lahir sesuai Sunnah. Anak  merupakan suatu anugerah yang paling sangat berharga bagi pasangan suami istri. Dan juga rezeki yang selalu diinginkan. Karena dengan kita mempunyai anak, bisa menjadikan harta dunia dan akhirat kita. Selamanya. Selama kita bisa mendidiknya dengan baik dan juga sesuai dengan tuntunan rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. 

Disaat anak kita lahir  dianjurkan untuk mendoakan yang baik- baik.  Berikut penjelasan  tentan Doa untuk Bayi yang baru lahir sesuai sunnah.
Meminta keberkahan  untuk si anak
Dari Abu Musa Radhiyallahu ‘ anhu , mengatakan,

?????? ??? ???????? ?????????? ???? ?????????? ?????? ????? ???????? ?????????? ?????????? ????????????? ??????????? ??????????? ??????? ???? ?????????????? ?????????? ???????

“Ketika anakku lahir, aku membawanya ke hadapan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau memberi nama bayiku, Ibrahim dan men-tahnik dengan kurma lalu mendoakannya dengan keberkahan. Kemudian beliau kembalikan kepadaku. (HR. Bukhari 5467 dan Muslim 2145).
Seperti yang Rasulullah shallallahu’ alaihi wa sallam  lakukan terhadap Putra Asma binti Abu Bakr, , saat Asma hijrah menuju ke Madinah, beliau yang mengandung  dan melahirkan seorang anak laki –laki  yang diberi nama Abdullah bin Zubair sesampai di madinah.dan bayi yang baru lahir tersebut dibawa   kepada Rasulullah shallallahu ‘ alaihi wa salam . dan Asma mengatakan ,

????? ????? ?????????? ???????????? ????? ?????? ??? ?????? ??????? ??????? ?????? ?????? ???????? ????? ??????? ??????? ?????? ????? ???????? ?????????? ????? ????? ????? ????????? ????????

“… Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam meminta kurma , lalu beliau mengunyahnya dan meletakkan di mulut si bayi. Makanan pertama yang masuk ke perut si bayi adalah ludah Rasulullah shallallahu ‘ alaihi wa sallam, kemudian beliau mendoakannya dan memohon keberkahan untuk bayi tersebut.” ( HR.Bukhari 3909)

Teks Doa Memohon keberkahan 
Untuk teks memohon keberkahan tidak ada teks doa khusus yang isinya  permohonan berkah untuk si anak. Dalam Fatawa syabakah Islam dinyatakan,
“ Tidak terdapat dalil- sepngetahuan kami- yang menunjukkan dianjurkannya membaca ayat Al-Quran atau doa tertentu ketika seorang anak dilahirkan . Baik doa dari ibunya, bapaknya, atau doa dari orang lain”