Empat Kunci Hidup Berkah

  • 06 October 2021
  • Admin

Empat Kunci Hidup Berkah, Setiap umat muslim pastinya mengharapkan keberkahan dari Allah SWT. Dalam bahasa Arab berkah memiliki arti sebagai kebaikan yang melimpah (al-khair al-wafir).

Hidup yang dilimpahkan berkah dari Allh SWT merupakan sebuah nikmat yang patut untuk disukuri umat muslim, sebab hidup orang ornag tidak hidup dalam keberkahan akan merasa resah dan gelisah.

Dalam menjalankan kehidupan tidak semua hal akan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Ada masanya dimana kita sebagai manusia akan mengalami yang namanya sakit yang mungkin dapat datang secara tiba tiba. Oleh sebab itu, umat muslim diwajibkan untuk hidup dengan mencari keberkahan.

Menurut Islam, ada 4 kunci dalam meraih keberkahan hidup yang diantaranya seperti takwa, sholat, sedekah dan memberikan maaf bagi mereka yang melakukan kesalahan. Berikut penjelasan singkat terkait kunci memperoleh hidup berkah.

Takwa

Bertakwa kepada Allah SWT beserta dengan para rasull merupakan salah satu kunci untuk memperoleh keberkahan di dalam hidup. Bertakwa dalam bentuk mengikuti apa yang telah dianjurkan dan menjauhi apa yang telah dilarang, dengan demikian kita akan mendapatkan keberkahan baik di kehidupan dunia maupun kehidupan di akhirat.

Sholat

Sebagai umat muslim, kita dianjurkan untuk mengamalkan ibadah sholat yang juga sudah merupakan kwajiban dari umat muslim. Sholat juga membuat hidup berlimpah akan keberkahan. Anjuran untuk mendirikan sholat banyak dibahas di dalam Alquran. Sholat juga akan menyelamatkan manusia dari siksa kubur yang kejam.

Bersedekah

Allah SWT akan mendatangkan beribu balasan kebaikan dan limpahan rahmat kepada hamba-Nya.

Dalam Alquran Surat Al Baqarah ayat 261, Allah SWT berfirman:

مَثَلُ الَّذِيۡنَ يُنۡفِقُوۡنَ اَمۡوَالَهُمۡ فِىۡ سَبِيۡلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنۡۢبَتَتۡ سَبۡعَ سَنَابِلَ فِىۡ كُلِّ سُنۡۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ‌ؕ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنۡ يَّشَآءُ‌ ؕ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيۡمٌ

Artinya:

"Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui." (QS. Al Baqarah: 261)

Memberi Maaf

Sebagai umat muslim, kita diajarkan untuk tidak menjadi seorang pendendam. Memberi maaf atas segala perbuatan menjadikan umat Muslim mulia. Selain itu, Allah SWT akan memberikan keberkahan kepada umat-Nya yang senantiasa berbuat kebaikan di jalan-Nya.