Hadist- Hadist Puasa Sunnah Daud

  • 13 March 2021
  • Admin

Hadist- Hadist Puasa Sunnah Daud. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam besabda, : “Puasa yang paling disukai oleh Allah adalah puasa Nabi daud. Ia berpuasa satu hari. Dan sholat yang paling disukai oleh Allah adalah sholat Nabi Daud. Ia tidur seperdua malam, bangun sepertiganya, lalu seperenamnya.”( HR.Bukhari).

Hadist diatas  para ulama telah sepakat tentang sunnah Puasa Daud ini. Syekh wahbah Az Zuhaili  dari buku Fiqih Islam Wa Adillatuhu   meyampaikan dengan tegas kalau , Puasa _puasa sunnah yang telah di sepakati oleh  seluruh ulama  antara lain puasa sehari dan tidak  berpuasa sehari . dan puasa ini adalah puasa yang paling Utama.

 Melalui Fiqih Empat Madzhab  Syekh Abdurrahman Al Juzairi  mengatakan
“ Di antara puasa yang dianjurkan adalah puasa Daud . Yakni suatu hari Puasa dan satu hari tidak. Di dalam hadist Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam disebutkan bahwa puasa ini adalah puasa sunnah yang paling Afhdha.”

Dari  ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash , Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Puasa yang  paling disukai disisi Allah adalah Puasa Daud, dan shalat  yang paling disukai Allah adalah shalat Nabi Daud. Beliau biasa tidur di pertengahan malam dan bangun pada sepertiga malam terakhir dan beliau tidur lagi pada sperenam malam terakhir . sedangkan beliau biasa berpuasa sehari dan buka sehari.”

Di setiap amalan sunnah  ataupun wajib pastinya ada keistimewaan , begitu pula   amalan Puasa Sunnah Daud memiliki keistimewaan yang sangat luar biasa  yang membuat amalan ini sangat  istimewa. Adapun keistimewaan nya sebagai berikut
-          Amalan Puasa sunnah yang paling utama

Seperti yang disabda kan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam  telah menyebutkan kalau saja Puasa Daud merupakan Puasa sunnah yang paling Afdhal dan Utama.
“Puasa yang paling utama adalah puasa Nabi daud ‘alaihis salam. Beliau berpuasa sehari dan tidak berpuasa sehari.”  (HR. An Nasaí;shahih)
-          Puasa sunnah yang Allah Cintai

Rasulullah  shallallahu alaihi wa sallam  bersabda:
“Puasa yang paling dicintai oleh Allah adalah puasa nabi Daud . dan sholat yang paling dicintai oleh Allah adalah sholat nabi Daud. Ia tidur seperdua alam, bangun sepertiganya, lalu tidur seperenamnya. Dan ia berpuasa satu hari lalu berbuka satu hari.  ( HR.Muslim)