Hikmah Pernikahan dalam Islam yang Dijelaskan Alquran

  • 23 September 2021
  • Admin

Hikmah Pernikahan dalam Islam yang Dijelaskan Alquran, Allah SWT menciptakan manusia secara berpasangan dan Allah juga sudah mempersiapkan jodoh mereka masing masing yang hanya saja cara pertemuan mereka berbeda beda, ada yang sudah mengenal satu sama lain dalam waktu yang lama dan barulah diberikan jodoh, dan ada pula yang baru mengenal namun sudah dapat menjadi hodoh.

Dari hal hal tersebut sudah jelas bahwa jodoh dari seorang manusia sudah menjadi rahasia Allah SWT sehingga kita sebagai manusia patut bersyukur atas segala bentuk rezeki yang diberikan oleh Allah seperti halnya dengan jodoh.

Sebelum seseorang dikatakan sebagai jodoh dan melangsungkan kehidupan berumah tangga, setiap pasangan diwajibkan untuk melakukan pernikahan yang sah, sah secara adat dan budaya serta sah secara Agama.

Melangsungkan pernikahan tidak hanya sekedar sebagai lambang dari sah nya ikatan suami istri melainkan juga melangsungkan pernikahan merupakan hal yang dianjurkan dalam agama. Ada beberapa hikmah pernikahan dalam islam yang dijelaskan alquran dan berikut beberapa diantaranya

1. Melaksanakan Sunnah Rasul

"Menikah adalah sunnahku, barangsiapa yang tidak mengamalkan sunnahku, bukan bagian dariku. Maka menikahlah kalian, karena aku bangga dengan banyaknya umatku (di hari kiamat)." (HR. Ibnu Majah no. 1846, dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah no. 2383).

2. Menguatkan Ibadah sebagai Benteng Kokoh Akhlaq Manusia

"Wahai para pemuda, jika kalian telah mampu, maka menikahlah. Sungguh menikah itu lebih menentramkan pandangan dan kelamin. Bagi yang belum mampu, maka berpuasalah karena puasa bisa menjadi tameng baginya." (HR. Bukhari No. 4779).

3. Menyempurnakan Agama

"Barangsiapa menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh ibadahnya (agamanya). Dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah SWT dalam memelihara yang sebagian sisanya." (HR. Thabrani dan Hakim).

4. Mengikuti Perintah Allah SWT

"Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui." (QS. An-Nur Ayat 32).

5. Mendapatkan Keturunan

"Allah menjadikan kamu isteri-isteri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu isteri-isteri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezeki yang baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah?." (QS. An-Nahl ayat 72).

6. Penyenang Hati dalam Beribadah

"Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa." (QS. Al-Furqon ayat 74).