Hubungan Antara Pendapatan dan Gaya Hidup Masyarakat Dalam Pandangan Islam

  • 07 May 2021
  • Admin

Hubungan Antara Pendapatan dan Gaya Hidup Masyarakat Dalam Pandangan Islam.Gaya hidup adalah sesuatu yang sangat penting di dalam kehidupan kita sebagai manusia yang hidup di dunia ini. Gaya hidup yang dimaksud segala aspek kehidupan yaitu pilihan kendaraan yang digunakan,alat komunikasi yang dipakai, cara berpakaian, serta sekolah yang akan di pilih orang tua untuk anak-anaknya  ,semua itu adalah gaya hidup yang saat ini terlihat di zaman globalisasi sekarang ini.

Agama Islam merupakan agama yang mengatur segala hidup manusia yang hidup di dunia ini. Dan juga agama yang tidak membandingkan satu dengan yang lainnya . orang beragama Islam jika selalu menjalankan syariat yang Allah Ta’ala perintahkan , bisa membuat manusia berlaku adil dan tidak akan berlebihan atau melampaui batas. Allah Ta’ala memerintahkan agar memikirkan pengeluaran dan pemasukan secara seimbang . Allah berfirman dalam surat Al-Isra 26-27 yang artinya

“ Berikanlah hak kepada kerabat terdekat,juga kepada orang miskin dan orang dalam perjalanan dan janganlah menghambur-hamburkan hartamu secara boros. “ ( Al-Isra:26)
“ Sesungguhnya orang  yang pemboros itu adalah saudaranya setan dan setan itu sangat ingkar  kepada Tuhan-Nya.” ( Al-Isra : 27)

“ dan (Termasuk hamba-hamba tuhan yang maha pengasih) orang-orang yang apabila menginfakkan ( harta) mereka tidak berlebihan dan tidak (pula) kikir,di antara kedua Nya secara wajar.” (Al-Furqan :67)
Dari Ayat-ayat diatas kita bisa pahami , bahwa apa yang Allah Ta’ala inginkan yaitu dalam membelanjakan  harta yang kita miliki  dengan secara wajar. Wajar yang dimaksud  tidak boros(berlebihan) namun juga jangan terlalu kikir atau pelit sehingga yang menjadi kebutuhan pokok kita tidak terpenuhi.

Dalam membelanjakan harta yang dimiliki sebaiknya kita membelanjakannya dalam batas  sewajarnya. Tidak berlebihan dan tidak terlalu pelit. Gaya hidup  yang terbaik merupakan gaya hidup yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam  dengan hidup yang sederhana.  Selalu menggunakan pakaian yang bersih ,rapi,pantas dan menutup aurat.jangalan kalian menggunakan perhiasan yang berlebihan selain harganya yang sangat mahal dan juga akan cenderung memancing  hasad atau keinginan yang tidak baik dari orang lain.