Hukum Penggunaan Bra dalam Islam yang Viral di Media Sosial

  • 29 November 2021
  • Admin

Hukum Penggunaan Bra dalam Islam yang Viral di Media Sosial, Di era digital seperti saat ini, bermedia sosial merupakan suatu hal yang dilakukan hampir semua orang setiap harinya. Berbagai hal dibagikan melalui media sosial mulai dari berita, menceritakan aktivitas sehari hari, mengabadikan momen dalam bentuk foto maupun video dan lain sebagainya.

Menggunakan media sosial memang banyak kelebihannya, salah satunya adalah mudah mengetahui berita terbaru, dapat berinteraksi dengan banyak orang, dan terlebihnya lagi beberapa media sosial saat ini sudah mampu memberikan penghasilan bagi para penggunanya.

Umumnya, media sosial menjadi sarana penyampaian berbagai hal yang ingin disampaikan dari satu orang ke publik atau orang banyak, sehingga tidak heran jika suatu hal yang tampak menyimpang pada media sosial akan mudah menjadi terkenal atau viral, sama halnya seperti yang terjadi beberapa waktu lalu yang dimana media sosial dihebohkan dengan informasi penggunaan breast holder (BH) atau dikenal juga dengan sebutan bra bagi perempuan.

Hal tersebut sempat menjadi bahan perbincangan bagi sejumlah orang yang dimana mempertanyakan terkait hukum yang berlaku pada hal tersebut. Pada dasarnya menggunakan bra akan membuat payudara perempuan menjadi nampak dan membuat para perempuan nampak lebih muda sehingga mereka menjadi sumber fitnah.

Pembicaraan hukum memakai BH berawal dari unggahan teman shalih  yang menyebut memakai BH mengakibatkan bentuk payudara menjadi nampak dan membuat para perempuan nampak lebih muda sehingga mereka menjadi sumber fitnah. Diulas pula penggunaan BH untuk perempuan yang melakukan taaruf.

Menurut KH Wahyul Afif Al-Ghafiqi, penggunaan bra sebaiknya tidak dilihat dari sudut pandang yang sempit. Wahyul mengatakan penggunaan BH bukan sebuah keharusan, tetapi tidak ada larangan untuk memakainya dalam Islam. Apalagi, jika penggunaan bra dimaksudkan untuk menjaga diri dari hal-hal yang kurang baik.

Menggunakan Bra Bagi Perempuan
Mungkin beberapa orang akan merasa resah ketika menggunakan bra lantaran menyimak hal yang telah viral di media sosial beberapa waktu lalu. Agar anda tidak merasa resah simak penjelasan berikut.

Fungsi Menggunakan Bra
Jika dilihat dari segi fungsi dan manfaatnya, bra memang memiliki banyak manfaat yang akan membantu bagi para perempuan yang menggunakan bra, salah satu contoh dan manfaat dari menggunakan bra adalah memudahkan bagi ibu yang menyusui anaknya. Beberapa jenis bra memang sengaja didesain khusus untuk ibu ibu yang sedang menyusui anaknya, sehingga dengan menggunakan bra khusus menyusui akan memudahkan ibu memberikan ASI terhadap anaknya.

Anjuran Perempuan Muslim dalam Berpakaian
Dalam Islam menjelaskan bahwa seorang perempuan diharuskan untuk berpakaian sopan yaitu dengan cara menutup auratnya dan tidak memperlihatkan lekuk dari tubuhnya. Hal tersebut sesuai dengan perintah Allah dalam surat Al-Ahzab ayat 59.

"Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang," firman Allah SWT dalam surat Al-Ahzab ayat 59

Pendapat ustad Yusuf Mansur
Pendapat yang sama juga dikatakan ustad Yusuf Mansur. Yusuf tak mempermasalahkan berbagai pandangan yang muncul terkait penggunaan BH. Justru, kata dia, ini dapat menjadi hal yang bagus karena bisa ditinjau dari segi hukumnya.

"Yang penting jangan belajar dari satu guru, satu pandangan saja. Belajar dari berbagai guru dan berbagai pandangan supaya kemudian komprehensif," kata dia.

Kesimpulan
Meskipun tidak ada narasumber yang menjelaskan bahwa menggunakan bra merupakan hal yang dilarang, namun pastikan bahwa menggunakan bra tersebut tidak menimbulkan hal hal yang berbau negatif. Berpakaianlah layaknya seorang muslim yang baik yang dimana perempuan muslim akan menutup auratnya dan tidak akan pernah menampilkan bentuk lekukan dari tubuh mereka.