Hukum Puasa Ayyamul Bidh Adalah Sunnah

  • 16 March 2021
  • Admin

Hukum Puasa Ayyamul Bidh adalah sunnah. Yang dikerjakan selama tiga hari dalam satu bulan. Yang waktunya ditentukan pada hari ke -13,14, dan juga 15 dari bulan hijriyah ( Qomariah).  Ayyamul bidh (hari putih) yang disebabkan   pada malam –malam nya bulan purnama bersinar rembulan yang putih.

Dalil puasa ayyamul bidh

Dari Ibnu Milhan Al Qoisiy , dari ayahnya, ia berkata,

“ Rasulullah shallallahu ‘ alaihi wa sallam biasa  memerintah kan  pada kami untuk berpuasa pada ayyamul bidh yaitu 13,14, dan 15 ( dari bulan  Hijriyah).” Dan beliau bersabda, “ Puasa ayyamul bidh itu seperti puasa setahun.” ( HR Abu Daud no. 2449 dan An Nasai no. 2434. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadist ini shahih)
 Dari Ibnu  ‘ Abbas radhiyallahu ‘ anhuma , beliau berkata,

“ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam  biasa  berpuasa pada ayyamul biidh ketika tidak  bepergian maupun ketika bersafar. “ ( HR. An Nasai no 2345. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadist ini hasan. Lihat Ash shohihah no. 580)
 Ada  pelajaran penting dari Puasa Sunnah Ayyamul bidh

-         Di sarankan untuk mengerjakan puasa tiga hari pada setiap bulan,  di hari  apa saja, Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin menjelaskan ,  “ Puasa tiga hari setiap bulannya  bisa dikerjakan di sepuluh hari pertama, pertengahan bulan ataupun sepuluh hari  terakhir dari bulan hijriah  atau bisa juga pada  di setiap sepuluh hari tadi masing-masing satu hari. Puasa  tersebut bisa pula dilakukan setiap pekan satu hari puasa. Ini semuanya boleh dan melakukan  puasa tiga hari setiap bulannya ada keluasan melakukannya di hari mana saja. Oleh karena itu, ‘ Aisyah mengatakan ,  “ Beliau  tidak peduli pada hari apa beliau puasa  ( artinya  semau  beliau  diawal , pertengahan atau akhir bulan hijriah) “,” ( Syarh  Riyadhus Sholihin, 3/470.)

Faedah Puasa Tiga Hari Setiap Bulan
1.       Menghidupkan Sunnah Nabi Muhammad shallallahu ‘ laihi wa sallm
2.        Memberikan waktu istirahat pada tubuh kita I setpa bulannya
3.       Mengerjakan puasa tiga hari setiap bulannya seperti  melaksnakan  bh puasa  selama setahun dikarenakn pahala satu kebaikan  di berikan sepuluh kebaikan .  sama dengan puasa tiga hari pada setiap bulan sama  seperti puasa tiga puluh hari  per bulannya.