Hukum Riba Dan Dalilnya

  • 30 March 2021
  • Admin

Hukum Riba Dan Dalilnya Transaksi jual beli  yang dilarang dan juga diharamkan di dalam ajaran islam adalah RIBA. Riba memiliki pengertian mengambil harta  atau imbalan secara batil. Hukum Riba  dan dalilnya   Allah  Ta’ala berfirman yang artinya:

“ Dan sesuatu Riba (tambahan) yang kamu berikan agar Dia bertambah pada harta manusia, Maka Riba itu Tidak menambah pada sisi Allah. Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai keridhaan Allah, Maka (yang berbuat demikian itulah orang-orang yang melipat gandakan (pahalanya).” (QS. Ar-Ruum :39).
Allah ta’ala berfirman juga di ayat lain  yang artinya:

“ Maka disebabkan kezaliman orang –orang Yahudi, Kami haramkan atas (memakan makanan) yang baik-baik (yang dahulunya) di halal kan bagi mereka dan karena mereka banyak menghalangi (manusia) dari jalan  Allah.

Dan disebabkan mereka memakan riba, padahal Sesungguhnya mereka telah dilarang daripadanya, dan karena mereka memakan harta benda orang dengan jalan yang batil. Kami telah menyediakan untuk orang –orang yang kafir diantara mereka itu siksa yang pedih. “  ( QS . An-Nisaa”: 160-161)
 Selain dari Alquran  dalil Hukum Riba Haram  terdapat dalam hadist  Rasulullah shallallahu alaihi wasallam  yang diriwayatkam dari Al-bukhari dan Muslim  berikut  bunyi hadistnya

“ Hindarilah tujuh hal yang membinasakan .” Ada yang bertanya: “ Apakah tujuh hal itu wahai Rasulullah?” Beliau menjawab:

“ Menyekutukan Allah , sihir, membunuh jiwa dengan cara yang haram, memakan riba, memakan harta anak yatim, kabur dari medan perang, menuduh berzina wanita suci yang sudah menikah karena kelengahan mereka.”

Dan Hadist dari Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘ anhu kalau ia menceritakan :

“ Rasulullah melaknat pemakan riba, orang yang memberi makan dengan riba, juru tulis transaksi riba, dua orang saksinya semuanya sama  saja”
 Begitulah penjelasan singkat tentang Hukum Riba dan dalilnya dari kitab suci Al Quran dan juga As sunnah  Begitu besar Bahaya Riba. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat dan bisa dimengerti.  Dan kita  semua umat muslim di dunia terhindar dari  dosa Riba.