Ingat, Sisihkan Hartamu untuk Zakat

  • 14 June 2021
  • Admin

Zakat adalah harta yang kita miliki yang wajib kita sisihkan untuk seseorang yang yang beragama islam , dimana harta tersebut yang kita sisihkan akan diberikan kepada orang yang tidak mampu dalam perekonomian sehari hari. Zakat merupakan termasuk dari rukun islam. Oleh karena itu hukum untuk mengeluarkan zakat adalah wajib bagi setiap umat islam  dimana ada syarat syarat tertentu . ada dua jenis zakat, yaitu zakat fitrah dan juga zakat maal.

Sebagai seorang muslim wajib mengeluarkan zakat fitrah yang zakat ini di keluarkan di saat bulan ramadhan yang biasanya disalurkan satu hari  sebelum hari raya idul fitri  atau sebelum terlaksanakannya sholat id’ ,  zakat fitrah  yang dikeluarkan sebesar 2,5 kilogram atau 3,5 liter makanan pokok pada setiap daerah masing –masing..
Zakat maal merupakan zakat harta, zakat maal ada beberapa jenis yaitu, zakat emas.,perak,zakat pertanian dan juga zakat perniagaan. Zakat maal ini hukumnya wajib di keluarkan jika hartanya sudah mencapai nisab. Hisab merupakan suatu syarat atau batas ketentuan kekayaan seseorang untuk menjadi wajibnya zakat atau tidak. Dalam mengeluarkan zakat maal untuk perhitungannya tergantung apa jenis hartanya.

Kalau saja pendapatan yang sudah dimiliki seseorang mencapai nisab, sudah dipastikan wajib dalam mengeluarkan zakat. Dan nilai zakat yang wajib dikeluarkan adalah 2,5% dari total penghasilan.
Untuk perhitungan berapa gaji yang harus disisihkan untuk zakat, sampai saat ini penulis belum mengetahui adanya menyisihkan gaji, karena syarat agar kita wajib mengeluarkan zakat adalah harta atau pendapatan yang kita punyai atau simpan harus harus mencapai nisab dan juga haul . Jika harta dan pendapatan kita sudah mencapai nisab tetapi belum  mencapai haul , tidak diwajibkan mengeluarkan zakat.

Haul adalah batasan waktu  dalam sebuah periode tahun hijriah yang nantinya harta tersebut wajib untuk dikeluarkan.