Ini Dia Tips Mengatur Keuangan Dalam Islam Agar Terarah

  • 24 December 2021
  • Admin

5 Tips Mengatur Keuangan Dalam Islam, Sejatinya, ajaran Islam telah mengatur segala hal dalam kehidupan kita di dunia. Termasuk juga dengan cara mengatur keuangan rumah tangga agar kehidupan memperoleh keberkahan. 

Keuangan rumah tangga adalah hal yang paling fundamental dalam keberlangsungan hidup. Jika tidak dapat dikelola dan diatur dengan baik maka akan memicu permasalahan hingga konflik di masa akan datang. Maka dari itu, anda harus berupaya dalam mengelolah keuangan dengan tepat dan cermat

Tips Mengatur Keuangan Dalam Islam
Dalam Islam kita diajarkan untuk mengatur keuangan dengan baik, dengan beberapa cara yang telah dicontohkan oleh para Rasul. Berikut beberapa cara mengatur sistem keuangan dalam Islam.

1. Tips Mengatur Keuangan dengan Strategi 1-1-1
Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk mengatur keuangan keluarga adalah dengan strategi 1.1.1.strategi ini mengajarkan kita untuk membagi penghasilan menjadi 3 bagian, seperti apa yang telah diajarkan oleh Salman Al Farisi, sahabat Rasulullah.

Ketika anda memperoleh penghasilan atau gaji bulanan, maka bagilah uang tau gaji bulanan, maka bagilah uang tersebut menjadi 3 bagian dengan nilai yang sama rata. Setelah dibagikan maka salurkan dana tersebut ke 3 arah yaitu, 1 untuk keperluan keluarga, 1 untuk modal usaha, dan satu lagi untuk disedekahkan. Jika anda belum memiliki suatu rencana untuk membangun usaha, maka gunakan uang untuk modal menjadi tabungan atau investasi.

2. Pisahkan Kembali Penghasilan Menjadi Sub-Bagian
Setelah keuangan telah dibagi menjadi 3 maka bagian untuk modal bisa dibagi lagi menjadi 2 yang dimana, yang pertama dimanfaatkan sebagai modal dalam usaha seperti modal transportasi dan konsumsi, dan kemudian bagian satu lagi bisa digunakan untuk tabungan. Pasalnya, Islam sangat menganjurkan umatnya untuk berdagang atau memiliki usaha sendiri. Faktanya, memang penting untuk memiliki penghasilan sampingan agar pendapatan tak hanya berasal dari satu sumber.

3. Manajemen Keuangan dengan Menghindari Sifat Konsumtif
Dalam mengatur keuangan, Islam juga menganjurkan kita untuk tidak berperilaku boros. Bahkan dalam Al-Qur’an ada ayat yang berbunyi sebagai berikut:

“dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Rabbnya.” (QS. Al-Isra’: 26-27).

4. Tips Mengatur Keuangan dengan Membuat Skala Prioritas
Satu hal yang tidak kalah penting dalam mengatur keuangan adalah dengan mengenal skala prioritas. Anda mesti tau mana yang menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi dan mana kebutuhan yang bisa ditunda. Hindari membeli sesuatu yang kurang atau bahkan tidak diperlukan.  Dengan mengenai hal tersebut, tentu anda akan menjadi lebih mudah dalam mengontrol pengeluaran yang mungkin saja penyebab dari timbulnya masalah finansial.

5. Tips Mengatur Keuangan dengan Menghindari Utang
Dalam Islam, kita tidak dianjurkan untuk berutang, kecuali memang dalam keadaan yang terdesak dan tidak ada pilihan lain kecuali berutang. 

Dalam mengatur keuangan rumah tangga, sebaiknya sebisa mungkin anda menghindari yang namanya berhutang, sebab utang akan membuat anda menjadi lebih sulit mengatur sistem keuangan dalam keluarga, apalagi jika berhutang hanya untuk sesuatu yang tidak begitu penting misalnya berhutang untuk makan makan di restoran, membeli gadget mewah dan lain lainnya.