Ini Tips Merayakan Lebaran Di Tengah Pandemi Corona

  • 22 April 2022
  • Admin

 

Ini Tips Merayakan lebaran di tengah Pandemi Corona Lebaran merupakan suatu hari raya islam yang dimana sebenarnya adalah hari raya idul fitri, dimana hari raya ini setelah kita melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh, dan dengan adanya hari raya idul fitri maknanya merupakan hari kemenangan . 

Untuk merayakan idul fitri biasanya di malam harinya kita berkeliling kota untuk mengumandangkan takbir, dan di pagi harinya saat di tanggal 1 syawal kita menjalankan sholat idul fitri. Tetapi karena di tahun ini masih melandanya virus corona  dan pandemi belum teratasi . maka dari itu pemerintah tidak mengizinkan untuk melaksanakan ibadah sholat id di lapangan , hanya saja sholat idul fitri bisa dilaksanakan dirumah masing masing.

Amalan di hari raya walau tidak shalat id

Syaikh Prof. Dr Khalid Al-Musyaiqih  mengatakan , “Hukum yang berkaitan dengan hari Id seperti mandi pada hari raya, memakai pakaian terbaik, memakai wewangian, mengucapkan selamat hari raya, bertakbir, sunnah-sunnah ini masih tetap dilakukan. Hukum asalnya syariat tadi masih ada walaupun shalat Id ditiadakan.” (Al-Ahkam Al-Fiqhiyyah Al-Muta’alliqah bi Waba’ Kuruna, hlm. 19)

Untuk mempersempit  berkembangannya virus corona dan juga menekan angka penularan virus corona , jangan lupa kita selalu menjaga kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan. Supaya kita tetap aman selama merayakan lebaran di tengah pandemi covid -19 , mari kita bahas tips nya

1.   Tidak berkumpul di malam takbir.

Dalam mengumandangkan takbir di jalan dengan berkeliling kota itu dibolehkan di masa pandemi covid 19 ini. Tetapi kita disarankan untuk selalu menjaga jarak dan tidak berkumpul bergerombolan.  Jangan lup tetap selalu memakai masker supaya tidak tertular virus corona.

Didalam islam perintah bertakbir pada hari raya tetap ada seperti yang allah firmankan yang artinya:

“Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” (QS. Al-Baqarah: 185).

2.   Melakukan silaturahmi  bisa menggunakan pesan singkat atau video call

Dalam momen lebaran ini masyarakat memiliki kebiasaan untuk mudik ke kampung halaman. Tetapi , dengan adanya pandemi virus corona,  disarankan untuk tidak mudik . walaupun kita tidak melakukan mudik lebaran. Silaturahmi tetap bisa kita jalin dengan mengirimkan ucapan melalui pesan singkat melalui telepon genggam atau bisa juga mengirim kartu ucapan selamat hari lebaran kepada keluarga di luar kota.

Adapun solusi yang dimana sekarang ini teknologi sudah sangat canggih dan kita juga bisa melakukan silaturahmi dengan menelpon  dengan video , dan kita bisa mengucapkan dengan saling bertatapan. Dengan menggunakan smartphone bisa melakukan panggilan video  dengan beberapa keluarga yang memiliki smartphone juga dengan bersamaan. Dengan adanya fitur video call ini, jarak tentu tidak akan ada lagi halangan untuk bersilaturahmi di hari lebaran ini.

Mengucapkan selamat hari raya idul fitri tetaplah disyariatkan walaupun tidak dengan berjabat tangan atau bertemu langsung karena  adanya pandemi di saat ini.

Dari Al-bara’bin ‘Azib , ia berkata , Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Artinya: “ Tidaklah dua muslim itu bertemu lantas berjabat tangan melainkan akan diampuni dosa diantara keduanya sebelum berpisah.” (HR. Abu Daud, no. 5212; Ibnu Majah, no. 3703; Tirmidzi, no. 2727. Al-Hafizh Abu Thahir menyatakan bahwa sanad hadits ini dhaif. Adapun Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Demikian Tips merayakan lebaran di tengah Pandemi Corona, semoga bermanfaat