Inilah 3 Manfaat Olahraga Dalam Pandangan Islam

  • 22 August 2022
  • Admin

Inilah 3 manfaat Olahraga Dalam pandangan Islam. Olahraga memberikan manfaat yang baik untuk tubuh kita dan perlu diketahui kalau olahraga memiliki beberapa fungsi di dalam islam . Nashih Nashrullah  mengatakan 3 fungsi dan manfaat dalam berolahraga.

1.   SELF DEFENSE (Menjaga Diri)

Olahraga dapat membuat fisik seseorang menjadi kuat. Latihan yang konsisten dapat memunculkan manfaat kepada kebugaran, dan juga energy untuk dapat mempertahankan diri dari serangan musuh. Pembelaan diri adalah tuntunan dasar. Karena menjaga adalah salah satu dari kelima hak yang dilindungi dalam islam (dharuriyat al-khamsah).

2.       MENGUATKAN PASUKAN MUSLIM UNTUK BERJIHAD DI JALAN ALLAH  SUBHANAHU WA TA’ALA

Ketika berperang  kita tidak hanya memikirkan strategi saja tetapi perlunya dalam kemahiran memakai senjata, kelincahan dalam menunggang kuda, dan juga kemahiran dalam memanah. Semua itu bisa kalian capai dengan melakukan latihan yang rutin dan konsisten, maka dari itu sarananya adalah olahraga.

“Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu dan orang orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya.” (QS al-Anfal [8]: 60).

3.   MENJAGA KESEHATAN TUBUH

Abu Hamid al-Ghazali (w 1111 M/555 H) pernah berkata, “Setelah belajar, anak harus diizinkan berolahraga agar tidak bosan. Melarang berolahraga dan me mak sakan terus belajar hanya akan mematikan hati dan mengikis kecerdasan.”

 Salah satu hadist yang menjelaskan kewajiban dari seorang muslim untuk selalu menjaga kesehatan dijelaskan di dalam hadits riwayat muslim no.2664 yang menyebutkan Abu Hurairah berkata, jika Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada Mukmin yang lemah, dan pada keduanya ada kebaikan.”

SEHAT ITU NIKMAT

Sebuah hadits menyebutkan

”Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang”. (HR. Bukhari no. 6412, dari Ibnu ‘Abbas).

Hadits lain menyebutkan

“Tidak mengapa seseorang itu kaya asalkan bertakwa. Sehat bagi orang yang bertakwa itu lebih baik dari kaya. Dan hati yang bahagia adalah bagian dari nikmat.” (HR. Ibnu Majah no. 2141 dan Ahmad 4/69, shahih kata Syaikh Al Albani)

ATURAN DALAM OLAHRAGA

Tujuan olahraga adalah supaya  membuat tubuh menjadi lebih sehat, menguatkan tubuh, mengatur pernapasan, serta membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Berikut aturan dalam olahraga

Pertama, mesti melakukan pemanasan atau peregangan untuk mempersiapkan otot dan sendi. Jika tidak diawali dengan pemanasan, bisa membuat cedera.

Kedua, berolahraga jangan terlalu berlebihan karena bisa berbahaya, bisa sampai berisiko mengalami henti jantung.

Ketiga, perhatikan gerakan yang dilakukan karena olahraga tidak hanya sekedar mengandalkan otot, tetapi juga otak. Olahraga yang tidak benar akan mengakibatkan cedera sendi, otot, urat, atau tendon.

Keempat, olahraga dan istirahat harus seimbang. Waktu istirahat atau pemulihan yang kurang akan berdampak pada fungsi otot dan juga kebugaran kita.

 

OLAHRAGA BISAKAH  JADI IBADAH ?

Adapun perkataan ulama:

Betapa banyak amalan yang berbentuk amalan dunia kemudian karena niat yang baik berubah menjadi amalan akhirat.” (Ta’lim Al-Muta’allim Thariq At-Ta’allum karya Imam Az-Zarnuji)

Contoh yang dimaksud adalah amalan dunia yang asalnya tidak berpahala, lalu diniatkan baik untuk menguatkan dalam ibadah seperti:

Makan dengan tujuan untuk menguatkan dalam ibadah, maka berubah menjadi amalan akhirat.

Lihat Ta’lim Al-Muta’allim Thariq At-Ta’allum, Syarh Al-Imam Al-‘Allaamah Asy-Syaikh Ibrahim bin Ismail. Penerbit Al-Maktabah Al-Anwariyah, hlm. 25.

Lalu bagaimana dengan olahraga, bisakah juga seperti maksud di atas? Silakan kalian  renungkan.