Jenis Usaha Di anjurkan Dalam Islam

  • 21 October 2021
  • Admin

Jenis Usaha Dianjurkan Dalam Islam, Dalam ajaran Islam kita dianjurkan untuk melakukan segala hal yang baik dan termasuk dengan menjalankan sebuah bisnis. Dalam Islam kita dilarang untuk menjalankan bisnis bisnis yang berdampak buruk terhadap pengelolaan maupun terhadap orang lain. Berikut ini ada beberapa jenis usaha yang dianjurkan di dalam Islam.

1. Berwirausaha
Berwirausaha, berdagang atau memulai sebuah usaha sendiri adalah jenis usaha atau bisnis yang dianjurkan di dalam Islam. Nabi Muhammad SAW sendiri dulunya juga merupakan seorang pedagang yang cerdas, jujur dan tersohor. Berkat usaha yang dilakukan beliau, beliau menjadi seorang yang sukses dan kaya raya pada zamannya.

2. Menyewakan Lahan
Menyewakan lahan juga merupakan sebuah usaha yang dianjurkan di dalam ajaran Islam. Dalam Hadits HR Bukhori pernah dijelaskan bahwa dulunya Rasulullah SAW pernah menyerahkan sejumlah kebun kurma dan ladang di daerah Khaibar ke bangsa Yahudi untuk digarap menggunakan biaya sendiri.
Berdasarkan perjanjian, Rasulullah SAW akan mendapatkan setengah dari keuntungan atau hasil panen dari lahan tersebut. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa Rasulullah SAW memang sangat adil dan jujur.

3. Beternak Hewan
Jenis bisnis lainnya yang dianjurkan di dalam ajaran Islam adalah dengan beternak seperti apa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW sendiri dulunya adalah seorang penggembala kambing.
Beternak hewan di Indonesia sendiri dapat dilakukan dengan beternak kambing, sapi, domba, atau ayam akan lebih menguntungkan di Indonesia.
Pilihlah hewan hewan yang halal dan dapat dimanfaatkan bagi manusia. Keuntungan dari beternak hewan diantaranya tidak akan terpengaruh banyak oleh inflasi, menghasilkan keuntungan yang melimpah, serta bisa menjadi ladang investasi yang baik bagi masa depan.

4. Berinvestasi Menggunakan Emas
Menjalankan bisnis investasi sudah menjadi hal yang biasa dilakukan di zaman sekarang ini, namun pastikan bahwa investasi yang dijalankan merupakan investasi yang dianjurkan di dalam Islam, salah satunya seperti investasi emas. Namun investasi emas sendiri bukanlah investasi yang berjangka pendek, melainkan merupakan investasi yang berjangka panjang.
Itulah beberapa jenis bisnis yang dianjurkan dalam Islam. Pastikan bahwa anda tidak memilih bisnis yang dapat merugikan orang lain atau tidak diridhai dalam ajaran Islam.