Jenis Usaha Dianjurkan Dalam Islam

  • 07 August 2021
  • Admin

Jenis Usaha Dianjurkan Dalam Islam - Menjalankan sebuah usaha merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh seseorang untuk berkarya dan menghasilkan uang agar mampu menafkahi diri sendiri maupun keluarga mereka.

Adanya berkah dalam usaha yang dilakukan sebaiknya jangan memulai sebuah usaha dengan asal asalan, minimal usaha yang dijalankan harus sesuai dengan usaha yang diajarkan dalam ajaran islam karena apapun yang dilakukan saat ini kelak akan dipertanggung jawabkan di akhirat.

 Jenis Pekerjaan yang Baik Dalam Islam

Dalam ajaran islam, semua pekerjaaan adalah pekerjaan yang baik selama pekerjaan tersebut tidak bertentangan dengan aa yang diajarkan di dala magama islam, dan terutama untuk perniagaan dan pekerjaan yang dikerjakan dengan tangan sendiri.

Pekerjaan yang dilakukan dengan tangan sendiri dalam arti memetik hasil dari apa yang dikerjakan dari jerih payah sendiri, bukan hasil dari meminta minta, karena Allah SWT melarang pekerjaan meminta minta.

Berikut ada beberapa jenis pekerjaan yang baik dalam ajaran islam.

1. Berwirausaha

Berwirausaha, berdagang atau memulai usaha sendiri merupakan salah satu jenis usaha yang dianjurkan dalam ajaran islam.

Nabi Muhammad SAW sendiri dulunya adalah seorang pedagang yang cerdas, jujur dan tersohor. Berkat usaha dagang yang dilakukannya Rasulullah SAW mamu menjadi orang yang sukses dan kaya raya pada zamannya. 

Beliau dulunya melakukan perdagangan dengan cara membeli suatu barang di sebuah pasar yang kemudian dijual kembali di pasar lainnya.

Melakukan usaha berdagang tidak selamanya harus menjual suatu barang, namun juga anda bisa menjual keterampilan yang anda miliki untuk mendapatkan hasil dan upah yang sesuai dengan apa yang anda jual, namun pastikan bahwa usaha yang akan anda lakukan selalu disertai dengan kejujuran dalam berdagang.

2. Menyewakan Lahan

Menyewakan lahan juga merupakan salah satu usaha yang dianjurkan dalam ajaran islam, seperti yang telah diungkapkan dalam Hadits HR Bukhori pernah dijelaskan bahwa dulunya Rasulullah SAW pernah menyerahkan sejumlah kebun kurma dan ladang di daerah Khaibar ke bangsa Yahudi untuk digarap menggunakan biaya sendiri.

Berdasarkan perjanjian yang dibuat, Rasulullah SAW akan mendapatkan setengah dari keuntungan hasil panen dari lahan tersebut. 

3. Beternak Hewan

Jenis usaha atau investasi lainnya yang dianjurkan oleh agama islam adalah dengan beternak hewan hewan ternak. Rasulullah SAW sendiri dulunya adalah seorang penggembala kambing dan unta. Bagi anda yang ingin melakukan usaha ternak hewan, di Indonesia sendiri ada berbagai macam jenis hewan ternak yang dapat anda pilih sebagai usaha seperti kambing, sapi, ayam, kerbau dan berbagai macam jenis hewan hewan ternak lainnya yang sesuai dengan ketentuan ajaran agama islam.