Jihad Menurut al-Qur'an, Ulama dan Muhammadiyah

  • 10 November 2021
  • Admin

Jihad Menurut al-Qur'an, Ulama dan Muhammadiyah, Secara umum, jihad merupakan bentuk Islam mesdar dari fiil madli “jahada” yang artinya menanggung beban, mengerahkan kemampuan, dan bekerja keras. Dari makna harfiah ini, jihad berarti mencurahkan segala daya dan kemampuan dalam kesulitan demi mencapai tujuan.

Tujuan jihad dalam agama Islam adalah menegakkan Agama Allah atau selalu menjaga agama agar tetap tegak dengan cara cara yang sesuai dengan apa yang digariskan di dalam Al Quran dan Al Sunah.

Jihad dalam Alquran

Di dalam Al Quran ada terdapat 36 ayat yang berkaitan dengan jihad, atau di dalamnya mengandung unsur jihad. Jika dikelompokkan, maka ada 3 bentuk jihad yaitu memerangi orang kafir yang memusuhi Islam (QS. Al Tahrim: 9);

Kemudian ada pula konsep jihad moral yakni melawan hawa nafsu yang berasal dari setan (QS. Al Ankabut: 69); dan jihad dakwah, yakni menanggung penderitaan dan kepayahan diri maupun orang lain (QS. Al-Nahl: 110).

Kata jihad dalam berbagai derivasinya disebutkan dalam Alquran sebanyak 41 kali, sebagian besar nya berarti perang. Apabila kata jihad dalam Alquran itu dimaksudkan perang biasanya kata itu diikuti dengan ungkapan fi sabilillah, sehingga menjadi jihad fi sa bilillah (perang di jalan Allah).

وَجَاهِدُوا فِي اللهِ حَقَّ جِهَادِهِ…

Berjihadlah kamu di jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. (al-Hajj/22: 78).

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَالَّذِينَ هَاجَرُوا وَجَاهَدُوا فِي سَبِيلِ اللهِ أُولَئِكَ يَرْجُونَ رَحْمَةَ اللهِ وَاللهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ (218)

Sesungguhnya orang-orang yang beriman,orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Q.S.al-Baqarah/2:218.

الَّذِينَ آمَنُوا وَهَاجَرُوا وَجَاهَدُوا فِي سَبِيلِ اللهِ بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنْفُسِهِمْ أَعْظَمُ دَرَجَةً عِنْدَ اللهِ وَأُولَئِكَ هُمُ الْفَائِزُونَ (20)

Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berji had di jalan Allah dengan harta benda dan diri mere ka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan. (Q.S. at-Taubah/9: 20).

Keistimewaan jihad di jalan Allah

Q.S.as-Shaf/61:10-13;

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا هَلْ أَدُلُّكُمْ عَلَى تِجَارَةٍ تُنْجِيكُمْ مِنْ عَذَابٍ أَلِيمٍ (10) تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَتُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ بِأَمْوَالِكُمْ وَأَنْفُسِكُمْ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ (11) يَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَيُدْخِلْكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ وَمَسَاكِنَ طَيِّبَةً فِي جَنَّاتِ عَدْنٍ ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ (12) وَأُخْرَى تُحِبُّونَهَا نَصْرٌ مِنَ اللَّهِ وَفَتْحٌ قَرِيبٌ وَبَشِّرِ الْمُؤْمِنِينَ (13)

Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih? (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan RasulNya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir dibawahnya sungai-sungai dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam jannah ‘Adn. Itulah keberuntungan yang besar. Dan (ada lagi) karunia yang lain yang kamu sukai (yaitu) pertolongan dari Allah dan kemenangan yang dekat (waktunya). Dan sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang beriman.

Jihad Menurut Ulama

Beberapa ulama berpendapat bahwa arti dari sebuah jihad adalah sebagai mencurahkan kemampuan untuk memerangi orang-orang kafir yang tidak ada ikatan perjanjian damai, sementara beberapa diantaranya juga berpendapat bahwa jihad adalah upaya sungguh-sungguh mengajak orang lain masuk ke agama yang benar (Islam).

Arti Jihad Sangat Luas

Ada pula yang mendefinisikan jihad secara syar’I ini sebagai laku aktivitas yang bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, mencari nafkah, menolong orang lain, dan melawan hawa nafsu.

Jihad Menurut Muhammadiyah

Muhammadiyah memaknai Jihad sebagai usaha yang sungguh-sungguh dengan jiwa, pikiran, harta, tenaga, dan segala ikhtiar untuk memajukan kehidupan umat dan bangsa.