Keistimewaan Kucing di Mata Islam

  • 05 January 2022
  • Admin

Keistimewaan Kucing di Mata Islam, Dalam Islam, kucing adalah binatang yang jauh dari najis. Hewan yang dikenal imut dan menggemasan tersbeut merupakan salah stau binatang yang pernah dipelihara oleh Rasulullah SAW. Konon katanya, beliau memelihara kucing dengan cara melep[askannya atau membiarkannya hidup dengan bebas.

Kucing merupakan hewan yang bersih dan terbebas dari najis. Ini tertuang pada hadis yang berbunyi:

“Kucing itu tidaklah najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada di sekeliling kita.” (HR. Tirmidzi).

Air bekas minum kucing juga tetap suci dan bisa digunakan untuk berwudhu. Ini sesuai hadis:

“Ketika Nabi Muhammad akan berwudhu dihampiri oleh seekor kucing dan kucing tersebut minum di bejana tempat beliau wudhu. Nabi berhenti hingga kucing tersebut selesai minum lalu berwudhu”. (HR Muslim).

Kecuali jika kucing tersebut terlihat ada darah, air kencingnya, kotoran (BAB) dan sebagainya, maka jadi najis. Imam Nawawi pun menjelaskan:

“Jika kucing ini pergi kemudian datang dan meminum air, maka kita yakin bahwa air tersebut adalah suci dan kita meragukan najisnya mulut kucing, maka sisa air yang dijilat oleh kucing tersebut tidak najis. (Kecuali) bila kucing yang di mulutnya masih ada darah dan menjilat air maka dihukumi najis secara pasti.” (Al-Majmu’ 1/171).

Hadis lainnya:

“Kucing termasuk perhiasan rumah tangga, ia tidak dikotori sesuatu”. (HR Muslim).

Badan, keringat, sisa makanan, serta air liur kucing adalah suci. Air liurnya bahkan bersifat membersihkan. Hidupnya lebih bersih dari manusia. (HR Malik).

Dari ibnu Umar RA Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam bersabda “Seorang wanita dimasukkan ke dalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberikan makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada di lantai’. (HR Bukhari).

Keistimewaan Memelihara Kucing
Secara Ilmiah mengungkapkan bahwa ada beberapa manfaat dan kelebihan dari memelihara kucing, yang salah satunya sebagai berikut.

1. Menurunkan risiko penyakit jantung
Sebuah riset menunjukkan bahwa memelihara kucing dapat memberikan dampak pada risiko penyakit kardiovaskular atau jantung. Dalam studi tersebut menemukan bahwa adanya sebuah penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung dan stroke pada orang orang yang senang memelihara kucing.

2. Membantu penderita autisme
Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Missouri, Amerika Serikat menemukan bahwa interaksi sosial anak dengan penderita autisme mengalami perbaikan ketika disekelilingnya dikelilingi oleh hewan hewan peliharaan dan termasuk kucing. 

3. Dengkuran kucing bantu sembuhkan nyeri tulang, sendi, dan otot
Hewan kucing kerap kali mengeluarkan suara mendekur atau purring yang menandakan bahwa dirinya sedang merasa bahagia. Suara yang dikeluarkan oleh kucing tersebut ternyata dapat menyembuhkan nyeri tulang dan otot manusia.  Frekuensi getaran dengkuran kucing yang berada pada kisaran 20-140 Hz itulah yang membuat manfaat tersebut ada.

Asisten profesor di School of Veterinary Medicine, University of California, Leslie A Lyons mengatakan, bagi sejumlah orang, dengkuran kucing dapat membantu menyembuhkan nyeri otot dan tulang.

4. Menonton video kucing tingkatkan energi positif
Hasil penelitian yang dilakukan di Indiana University Bloomington terhadap 7.000 orang menemukan bahwa menonton video kucing bisa meningkatkan emosi dan energi positif, serta menurunkan perasaan negatif.