Keutamaan Puasa Daud

  • 08 March 2021
  • Admin

Perlu kita ketahui kalau kita bisa mengerjakan puasa Daud kita akan mendapatkan keutamaan yang sangat luar biasa . berikut beberapa keutamaan Puasa Daud:

1.       Puasa Sunnah yang Utama
Rasulullah shallallahu alaihi wa salam  bersabda: “  Puasa yang paling utama adalah puasa Daud ‘ alaihis salam. Beliau berpuasa sehari dan tidak berpuasa sehari. (HR. An Nasa’I ; shahih)

2.       Puasa Sunnah yang Dicintai Allah
Puasa Sunnah Daud  juga Puasa yang paling allah subhanahu wa Ta'ala cintai. Rasulullah shallallahu ‘ alaihi wasallam bersabda: “ Puasa yang paling dicintai oleh Allah adalah puasa nabi Daud . dan sholat yang paling dicintai oleh Allah adalah sholat Nabi Daud. Ia tidur seperdua malam, bangun sepertiganya, Lalu tidur seperenamnya. Dan ia berpuasa satu hari lalu berbuka satu hari. (HR. Muslim)

3.       Puasa Sunnah Paling tinggi
Perlu diketahui  Puasa Sunnah Daud  adalah puasa tertinggi dan juga terberat.  Dan tidak diperbolehkan untuk melakukan puasa melebihi puasa Daud. Sebab tubuh kita memiliki hak untuk dijaga. Seperti halnya diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan  yang lainnya:
Abdullah bin Amr berkata , Rasulullah shallallahu ‘ alaihi wa salam bertanya kepadaku, “  Aku mendengar kabar bahwa engkau selalu qiyamul lail dan siangnya berpuasa.”  Aku menjawab, “ Benar ya Rasulullah.”

Dan Rasulullah  bersabda, “ Berpuasalah dan Berbukalah. Shalatlah dan tidurlah! Karena tubuhmu memiliki hak  terhadapmu. Dan tamumu juga memiliiki hak terhadapmu. Istrimu memiliki hak terhadapmu. Dan tamumu juga memiliki hak terhadapmu. Cukuplah berpuasa tiga hari sebulan.”
Abdullah berkata, Aku bertahan, maka Rasulullah pun bersikeras pula. Akhirnya aku berkata, “ Ya Rasulullah, Aku Sanggup lebih dari itu .”
Rasulullah bersabda “ Kalau begitu, Berpuasalah tiga hari selama sepekan.”
Abdullah berkata, aku bertahan, maka Rasulullah pun bersikeras [ula . Aku berkata lagi, “ Ya Rasulullah , aku sanggup lebih dari itu .”
Rasulullah bersabda, “ Kalau begitu, berpuasalah seperti Nabi Daud dan jangan lebih dari itu.”
Aku Bertanya, “ Ya Rasulullah, Bagaimana Puasa Daud itu? “  Rasulullah bersabda, “ Ia berpuasa sehari lalu berbuka sehari.”

4.       Puasa Yang Paling Adil
Diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah menganjur kan puasa Daud dan menyebutkan sebagai puasa yang paling adil.
“ Berpuasalah satu hari dan berbukalah satu hari dan itu alah puasa yang paling adil. Itu puasanya Nabi Daud ‘ alaihis salam.” Aku Berkata, “ Sesungguhnya  aku mampu lebih baik dari itu.” Rasulullah shallallahu ‘ alaihi wasalam  bersabda. “ Tidak ada yang lebih utama dari itu.” (HR. Muslim dan Abu Dawud)