Lakukan Amalan Ini Sebelum Tidur, Simak Penjelasan

  • 09 November 2021
  • Admin

Lakukan Amalan Ini Sebelum Tidur, Simak Penjelasan, Tidur merupakan hal yang sangat dibutuhkan manusia, karena dengan tidur kita bisa mengistirahatkan tubuh dari aktivitas yang telah kita jalani. Tidur juga merupakan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita selaku umatnya. Melalui tidur, kita dapat mengembalikan energi energi yang hilang selama beraktivitas sehari hari.

Allah swt berfirman dalam Surat An-Naba ayat 9 :

وَجَعَلْنَا نَوْمَكُمْ سُبَاتًا

Artinya:

"Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat," (QS. An Naba: 9)

Karenanya, umat Muslim dianjurkan untuk selalu mengikuti anjuran Nabi Muhammad SAW terkait tidur. 

Ada beberapa amalan yang dilakukan Rasulullah sebelum tidur agar selalu dilindungi Allah SWT dan Malaikat. Apa saja amalannya?

1. Berwudhu

Salah satu kebiasaan Rasulullah yang perlu dicontoh sebelum tidur adalah berwudhu. Berwudhu sebelum tidur dapat memposisikan diri dalam keadaan suci. Tidur tanpa wudhu akan sangat mudah diganggu oleh jin dan setan. Maka dari itu, sebaiknya anda membiasakan diri untuk berwudhu sebelum tidur. Adapaun hadist tentang amalan sebelum tidur:

"Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan salat." (HR. Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710)

2. Membaca Doa

Sebelum dan setelah tidur, hendaklah mengucapkan doa, sebab kematian dapat menghampiri kita kapan saja, termasuk saat tidur.

Dalam sabda Rasulullah:

"Apabila nabi shallallahu 'alaihi wasallam hendak tidur, beliau mengucapkan doa: 'Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).' Dan apabila bangun tidur, Beliau mengucapkan: "Alhamdulillahilladzii ahyaana ba'da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali)." (HR. Bukhari no. 6324).

3. Membaca Surat Pendek

Amalan yang kerap kali dipanjatkan oleh Rasulullah sebelum tidur, beliau kerap kali membaca beberapa ayat pendek seperti al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Naas. Ketiga surat ini tak pernah lupa diucapkan oleh Rasulullah sebelum tidur.

Dari Aisyah radhiallahu anhu berkata: "Rasulullah SAW apabila hendak beranjak ke tempat tidurnya setiap malam, Beliau menyatukan kedua telapak tangannya lalu meniupkan keduanya dan membacakan keduanya surat al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Naas. Kemudian beliau mengusap dengan keduanya bagian mana saja semampunya. Beliau memulainya dari atas kepala dan wajahnya serta bagian belakang dari badannya. Beliau melakukan perkara itu tiga kali." (HR. Muslim).

4. Menjaga Kebersihan Tempat Tidur

Rasulullah menjelaskan bahwa posisi tidur yang baik yaitu dengan berbaringlah diatas rusuk sebelah kananmu. Rasulullah juga melarang kita untuk tidur tengkurap. Sebelum hendak tidur, para nabi selalu membersihkan tempat tidur terlebih dahulu. 

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Apabila seorang dari kamu akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengibaskan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya...". Pada hadist lain disebutkan kibasannya tiga kali (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Segera Tidur Setelah Salat Isya

Rasulullah menyarankan jika salat isya sudah selesai maka hendaklah tidur, namun jika ada suatu hal yang penting untuk dilakukan maka boleh untuk menunda tidur agak malam.

Akan tetapi ada hadist yang menyatakan bahwa, "Bahwasanya Rasulullah shallallahu 'allaihi wasallam membenci tidur malam sebelum (sholat Isya) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya." (Hadist Riwayat Al-Bukhari No. 568 dan Muslim No. 647 (235))

Dalam sunnah rasul waktu tidur ini, akan mudah membantu kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui salat tahajud di sepertiga malam.