Makan dan Minum yang Sehat Menurut Islam

  • 16 September 2021
  • Admin

Makan dan Minum yang Sehat Menurut Islam, Di dalam ajaran Islam, kita diajarkan banyak hal tentang kehidupan yang pada akhirnya akan bermanfaat bagi manusia. Tidak hanya berkaitan dengan kesucian dan ibadah, dalam ajaran Islam kita juga diajarkan terkain cara makan yang baik dan sehat.

Sebagai muslim ataupun muslimah, ada cara yang sebenarnya memang telah menjadi bagian dalam lingkup syariat Islam. Kita sendiri kadang tidak menyadarinya. Padahal Rasulullah ﷺ sudah memberikan mengajarkan umat manusia sejak berabad-abad lalu.

“Tidaklah sekali-sekali manusia penuhi suatu wadah juga yang lebih beresiko dari perutnya. Cukuplah untuk anak Adam sebagian suap makanan untuk menegakkan badannya. Bila ia mesti mengisinya, maka sepertiga ( sisi lambung) untuk makanannya, sepertiga lagi untuk minumannya, serta sepertiga lagi untuk nafasnya ( hawa).” (HR Tirmidzi)

Untuk selalu terjaga terkait makan dan minum serta diberkahi oleh Allah, maka ada beberapa adab yang perlu dilakukan, diantaranya:

Niatkan Makan Minum Itu Datangnya Rezeki Dari Allah yang Dibarakahi

Sebelum makan atau minum sebaiknya kita selalu meluruskan niat, niatkan hanya kepada Allah subhna hua ta’ala agar tubuh kita lebih sehat dan jauh dari berbagai macam jenis penyakit serta apa yang kita dapatkan dan kita makan di hari ini menjadi berkah. Atur orsi makan berdasarkan apa yang telah dianjurkan seperti yang dijelaskan sebelumnya, selain porsi waktu makan juga penting untuk diatur.

Melaksanakan Puasa Wajib dan Sunnah

Dalam ajaran Islam kita dianjurkan untuk melakukan puasa baik itu puasa wajib maupun puasa sunah. Puasa wajib adalah puasa yang dilakukan pada bulan suci Ramadhan, sedangkan puasa sunnah adalah puasa yang dapat dilakukan pada hari hari tertentu seperti puasa senin, kamis. Dalam menjalankan ibadah puasa niatkan bahwa kita melakukannya karena Allah subhana hua ta’ala semata bukan karena ingin menurunkan berat badan atau diet.

Puasa adalah cara terefektif untuk mengatur pola makan dan sebagai treatment untuk mengistirahatkan organ pencernaan kita sehingga setidaknya dengan berpuasa tumpukan lemak-lemak penyebab kelebihan berat badan dapat kita minimalisir.

Makan Secukupnya

“Berhentilah sebelum kenyang dan makanlah sebelum lapar” dari kata kata tersebut kita diajarkan bagaimana cara makan yang baik dan benar. Mengatur porsi makan yang cukup adalah tujuan utama dari kata kata tersebut, kita dianjurkan untuk makan sebelum lapar, untuk menghindari makan dalam porsi yang berlebihan karena saat mengkonsumsi makanan dalam porsi yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan, karena bagian dari perut tidak hanya untuk menampung makanan saja, melainkan juga kita wajib menyisakan ruang untuk air dan bernafas, maka dari itulah mengapa makan dalam porsi yang cukup sangat dianjurkan di dalam ajaran Islam.