Makna Qurban dan Pengentasan Kemiskinan

  • 08 July 2021
  • Admin

Perayaan idul adha sebentar lagi akan tiba, dalam perayaan hari raya idul adha akan dimeriahkan dengan adanya acara perayaan hewan qurban. Dalam perayaan hewan qurban, para umat muslim yang sudah mampu akan menyumbangkan hewan qurban untuk disembelih dan dagingnya akan dibagikan antar sesama. 

Dalam menjalankan ibadah qurban sendiri sebagai bentuk kesalehan ritual, juga mengandung kesalehan sosial. Karakter umat muslim itu ada 2 macam: pertama hubungan pada Allah, hablun minallah sementara yang kedua adalah hubungan pada sesama manusia, hablun minannas, dalam hal ini berarti tugas-tugas sosial kemanusiaan.

Maka dari itu penting bagi kita selaku umat muslim untuk memahami bahwa ibadah qurban tidak hanya sebagai bentuk ibadah yang hanya dilakukan untuk keperluan ibadah saja melainkan juga sebagai bentuk rasa peduli antar sesama manusia untuk selalu tetap saling mengasihi. Memang mungkin bagi beberapa orang penyerahan daging hewan qurban hanyalah sebagai bentuk hal yang biasa saja namun di mata sesama muslim dan orang orang yang tidak mampu alias fakir, mendapatkan daging qurban merupakan hal yang sangat besar bagi mereka dan dapat membantu mereka untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari hari.

Dalam pandangan ibadah muslim secara khusus ibadah qurban sendiri merupakan bentuk suatu ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan bagi para umat muslim yang sudah mampu seperti apa yang telah disampaikan melalui sabda Nabi Saw:

“Barangsiapa yang mempunyai kemampuan (untuk berkurban), namun dia tidak melaksanakannya, maka janganlah ia dekati tempat shalat kami.” (HR. Ibnu Majah dan Ahmad)
Ini merupakan peringatan keras. Mengapa? Karena Islam itu tidak boleh egois. Tidak boleh hanya mementingkan diri sendiri. Islam itu menjadi rahmat meliputi seluruhnya. Maka tujuan Islam tidak hanya untuk muslim tapi seluruh alam semesta. Inilah pesan kedamaian yang dibawa oleh ibadah kurban.

Sekilas dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa ibadah merupakan wujud dari ketaatan umat beragama yang sekaigus sebagai bentuk rasa eduli antara sesama manusia untuk saling mengasihi, maka dari itu bagi anda yang sudah mampu jangan lupa untuk ber qurban dan selalu ingat bahwa jika kita menanam kebaikan maka kebaikan pula yang akan kita petik di kemudian hari.
Jadikanlah ibadah qurban itu sebagai bentuk rasa ketaatan kita kepada Allah SWT yang sekaligus sebagai cinta kita antar sesama dan jangan menjadikan qurban sebagai bentuk pamer harta.