Manfaat Sedekah  Untuk Kehidupan Manusia Di Dunia & Akhirat

  • 03 August 2022
  • Admin

Manfaat Sedekah  untuk Kehidupan Manusia Di dunia & Akhirat. Sedekah  memiliki makna yang luas dari zakat dan infak sebab tidak hanya  dalam bentuk pemberian uang saja, tetapi bisa juga dapat berupa benda, bantuan pikiran, tenaga, dan senyum kepada sesama muslim termasuk sedekah.

Pahala sedekah begitu besar kalau dikerjakan dengan rasa ikhlas dan berharap untuk mendapat ridho nya allah Subhanahu wata’ala.   Lalu , apa saja manfaat yang bisa kita peroleh dari sedekah?  Berikut penjelasannya supaya kalian bisa termotivasi

Pengertian sedekah adalah pemberian sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya, diluar  kewajiban zakat dan zakat fitrah sesuai dengan kemampuan memberi. Melakukan perbuatan yang baik tidak akan pernah rugi sebab terdapat keutamaan sedekah bukan hanya tentang pahala , namun dapat meraih kebahagiaan untuk menjadi manusia yang bermanfaat.

Manfaat sedekah Untuk Kehidupan manusia Di Dunia & Akhirat

1.   Mendapat Imbalan yang berlipat

Dengan bersedekah akan bisa melipatgandakan harta ataupun pahala kalian. Allah akan memberikan Imbalan yang berlipat ganda kepada hambanya yang menyedekahkan hartanya di jalan Allah Subhanahu wata’ala . maka dari itu dalam bersedekah kalian harus dengan hati yang ikhlas dan tulus supaya berkah.

2.   Menyucikan Diri

Sedekah bisa menyucikan diri kita, maksudnya  dosa –dosa yang kita miliki bisa terhapus, maka yang tersisa hanya pahala. Dengan ,melakukan niat bertobat yang sungguh –sungguh supaya dosa-dosa yang selama ini kita perbuat benar-benar  dihapus. melakukan sedekah dengan tulus dan ikhlas.

3.   Menolak bala

Bersedekah bisa sebagai cara yang paling ampuh untuk menghindari bala atau musibah. Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda  sebagai berikut.

Dari Hadis riwayat At-Thabrani:

“Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah. Obatilah penyakitmu dengan sedekah. Sedekah itu sesuatu yang ajaib. Sedekah menolak 70 macam bala dan bencana, dan yang paling ringan adalah penyakit kusta dan sopak (vitiligo)”

4.   Amalan Yang Tidak putus

Sedekah juga bisa menjadi amalan yang pahalanya tidak terputus kalau barang yang kalian sedekahkan bisa memberikan manfaat bagi orang lain, seperti menyumbang sejadah dan mukena di masjid atau mushola yang bisa dipergunakan untuk melakukan ibadah sholat  untuk banyak orang.  Kalian bisa juga dengan bersedekah alquran  di Taman Pendidikan Alquran (TPQ) bisa mendapatkan pahala yang terus mengalir ,  bahkan ketika kalian sudah meninggal, pahala akan terus mengalir.

5.   Meringankan Sakaratul maut

Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam bersabda sebagai berikut.

“Sedekah itu dapat menghapus dosa, sebagaimana air itu memadamkan api“  (H.R. At-Tirmidzi).

Sedekah merupakan cara  mudah yang allah Subhanahu wata’ala  berikan kepada  manusia supaya bisa menghapus dosa-dosanya . hanya dengan senyuman saja kalian sudah bisa bersedekah.

6.   Mendapatkan Syafaat

Orang yang melakukan sedekah dengan dibarengi dengan keikhlasan akan mendapatkan syafaat ketika hari kiamat kelak. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam,

“Seseorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, dia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya” (H.R. Bukhari).

demikian beberpa keutamaan sedekah  untuk kehidupan dunia dan akhirat yang perlu diketahui oleh umat muslim .dengan mengetahui keutamaan dan manfaat dari sedekah dapat membuat kita semakin termotivasi dalam melakukan amalan sedekah ini. Dan perlu diketahui bukan hanya yang disebutkan diatas saja, tetapi keutamaan dan manfaat sekah masih banyak lagi yang tidak bisa kami  jelaskan satu –satu pada kesempatan ini.