Mendoakan Dan Menjenguk Orang Sakit

  • 24 June 2021
  • Admin

Berikut  akan kita ulas tentang bagaimana  dalam menjenguk orang yang sakit  dalam pandangan islam:

1.        Mendoakan agar cepat sembuh.
Dari abdul Aziz ia berkata:
 “Aku dan Tsabit pernah mengunjungi Anas bin Malik , lalu Tsabit berkata; “Wahai Abu Hamzah, aku sedang menderita suatu penyakit. “Maka Anas Berkata; “Maukah kamu aku ruqyah dengan ruqyah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam?”dia menjawab; “Tentu.”Anas Berkata; “ALLAHUMMA RABBAN NAASI MUDZHIBIL BA’SA ISYFII ANTA SYAAFI LAA SYAAFIYA ILLA ANTA SYIFAA’AN LAA

YUGHAADIRU SAQAMA ( Ya Allah Rabb manusia dzat yang menghilang kan rasa sakit, sembuhkanlah sesungguhnya Engkau Maha Penyembuh, tidak ada yang dapat menyembuhkan melainkan Engkau, yaitu kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit). “(HR Bukhari no 5301).

Oleh karena itu disaat kita akan menjenguk orang yang sakit , sangat disarankan mendoakan kesembuhan bagi nya supaya  bisa kembali  beraktivitas.  Ini adalah adab yang paling Utama disaat kita menjenguk orang yang sakit.

2.       Selalu Menutup Aurat
Dari ummu Al ‘ala’ ia berkata:
“ Rasulullah shallallahu  ‘alaihi wasallam menjengukku sementara aku sedang sakit. Kemudian   beliau berkata: “Bergembira lah wahai Ummu Al’Ala’, karena sesungguhnya sakit seorang mukmin karena Allah Meng hilangkan dosa –dosanya sebagaimana api menghilang kan kotoran emas dan perak.”(HR Abu Daud no 2688).

 Tidak ada larangan  seorang  muslim untuk menjenguk saudaranya atau temannya yang bukan mahram. Tetapi sebaiknya di saat menjenguk selalu menutup aurat,   yang menjenguk ataupun yang dijenguk.

3.       Menunjukkan Kepedulian kepada yang sakit
Dari Ibn Sinni Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda:
“Di antara kesempurnaan menjenguk adalah engkau meletakkan tangannya pada bagian tubuh orang yang sakit sambil bertanya, “Bagaimana Keadaanmu pagi ini? Atau Bagaimana Keadaanmu sore ini?”

Menunjukkan kepedulian kita kalau kita emang benar peduli dengan kondisinya.  Dan selalu menanyakan perkembangan  kesehatan  sebagai bentuk  kalau kita simpati padanya.