Mengapa Islam Melarang Transaksi Riba

  • 17 June 2021
  • Admin

Dari Imam ar- Razi menjelaskan mengapa Islam melarang transaksi riba. Di antaranya ada empat alasan  mengapa transaksi  riba dilarang dalam islam.

1.       Merampas kekayaan orang lain
 Dengan menjalankan riba, pastinya kita akan memberikan penambahan proses pembayaran. Contohnya   10 ribu ditukar dengan 20 ribu, 10 kilo ditukar dengan 20 kilo,   transaksi seperti ini islam sangat melarangnya , karena bisa merugikan orang lain.

2.       Merusak Moralitas.
Kita telah banyak mengetahui  kebobrokan dan kehancuran yang dimana penyebabnya adalah uang.   Kasus suap – menyuap  sampai dengan perebutan kekuasaan.   Seseorang yang hanya memikirkan harta saja dan melakukan riba pastinya akan tega  dalam merampas apa saja yang akan dimiliki oleh peminjam, kaya maupun miskin.

3.       Melahirkan kebencian dan permusuhan.
Jika seseorang sudah  gila akan harta ,pastinya egoisme sesudah masuk ke dalam jiwa orang tersebut. Oleh sebab itu  permusuhan dan kebencian pastinya akan terjadi di antara dua belah pihak, yaitu si kaya dan si miskin.

4.       Orang kaya akan semakin kaya, orang miskin akan semakin miskin.
Dalam situasi seperti ini  kita bisa memaklumi  dalam kebijakan uang semakin ketat bisa disebut juga  tight money policy. Pada situasi seperti ini orang kaya pastinya mendapatkan suku bunga yang tinggi, tetapi  karena  mahal, maka orang miskin pun akan bertambah miskin dikarenakan memiliki kesulitan  dalam meminjam dan membuka usaha