Mengapa Muharram Jadi Pembuka Tahun Islam Hijriyah?

  • 14 July 2022
  • Admin

Mengapa Muharram Jadi Pembuka Tahun Islam Hijriyah? Muharram adalah bulan pertama kalender umat Islam (Qomariyah/Hijriyah). Ditetapkan oleh Khalifah Umar bin Khattab Ra ketika menjadi khalifah tahun 17 Hijriyah. Disebabkan, Khalifa Umar bin Khattab Ra menerima surat dari Abu Musa Al-Asy’ari Ra tanpa tanggal dan hari pengiriman. Hal itu menyulitkan menyeleksi mana yang terlebih dahulu diurus. Oleh sebab itu, Khalifah Umar mengadakan musyawarah membicarakan dan menyusun masalah tanggal.

Musyawarah menghasilkan beberapa pilihan tahun bersejarah untuk memulai tarikh Islam. Yaitu, tahun kelahiran Nabi Muhammad, tarikh beliau menjadi Rasul, tahun wafatnya, atau ketika Nabi hijrah ke Madinah. Dan ditetapkan hijrahnya Nabi Muhammad Saw dari Makkah ke Madinah menjadi awal tarikh Islam. Hal ini sesuai dengan usulan Ali bin Thalib.

Diantara alasan ditetapkan tahun Hijrah Nabi sebagai awal tarikh Islam adalah karena memiliki nilai sejarah yang luar biasa dalam perkembangan dakwah. Setelah hijrah ke Madinah, dakwah Islam mencapai kejayaan. Berbeda ketika sebelum hijrah, umat Islam tertindas dan disiksa oleh kaum Musyrikin. Dari hijrah tersebut, Islam mempunyai kedudukan yang kuat dan telah terbentuk sebuah negara yang memiliki peraturan, pimpinan serta undang-undang. 

Dengan melihat sejarah hijrah, diharapkan peristiwa hijrah akan selalu dikenang umat Islam tiap tahun sebagai pengingat betapa perjuangan yang gigih dan pengorbanan tenaga, jiwa dan raga Nabi Muhammad Saw dan para sahabatnya dalam menegakkan Islam. Peristiwa Hijrah juga menunjukkan bahwa Allah telah memisahkan yang haq dan bathil, membedakan yang benar dan yang salah. Hijrah merupakan awal membangun kekuatan umat Islam.

Alasan lain, diriwayatkan Nabi keluar dari Makkah pada hari kamis akhir bulan Shafar, dan keluar dari Gua Tsur menuju Madinah pada tanggal 2 Rabi’ul Awwal (20 September 622 M). Menurut al-Mas’udi, Rasulullah memasuki Madinah pada malam hari 12 Rabi’ul Awwal. Tetapi Khalifah Umar dan para sahabatnya menetapkan awal bulan hijriyah adalah Muharam, bukan bulan Rabi’ul Awwal karena pada bulan Muharam adalah mula-mula Nabi berniat untuk hijrah.

Peristiwa Penting  saat bulan Muharam

 (1) Nabi Adam ‘alaihissalam bertobat kepada Allah dari dosa-dosanya dan tobat tersebut diterima oleh-Nya. 

(2) Berlabuhnya kapal Nabi Nuh dengan selamat, setelah dunia dilanda banjir yang menghanyutkan dan membinasakan. 

(3) Selamatnya Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dari siksa Namrud, berupa api yang membakar. 

(4) Nabi Yusuf ‘alaihissalam dibebaskan dari penjara Mesir karena terkena fitnah. 

(5) Nabi Yunus ‘alaihissalam selamat, keluar dari perut ikan besar. 

(6) Nabi Ayyub ‘alaihissalam disembuhkan Allah dari penyakitnya yang menjijikkan. 

(7) Nabi Musa ‘alaihissalam dan Bani Israil selamat dari pengejaran Fir’aun di Laut Merah. Banyak lagi peristiwa lain yang menunjukkan sebagai hari yang bersejarah, yang penuh kenangan dan pelajaran yang berharga.

Nama-nama Bulan Hijriyah

Muharram 

Shafar 

Rabi' al-Awwal 

Rabi' al-Tsani 

Jumada al-Ula 

Jumada al-Tsaniyah 

Rajab 

Sya'ban 

Ramadhan 

Syawwal 

Dzul-Qa'dah 

Dzul-Hijjah