Mengapa Zakat Dapat Membantu Mengembangkan Ekonomi Masyarakat?

  • 11 April 2022
  • Admin

Mengapa zakat dapat membantu Mengembangkan ekonomi Masyarakat? Zakat memiliki manfaat sebagai pembersih harta dan ungkapan rasa syukur atas nikmat dan karunia yang allah Subhanahu wata’ala  berikan , dan juga sebagai sarana untuk mempererat tali persaudaraan antara Masyarakat yang kekurangan dengan yang berkecukupan, syariat islam bukan hanya  ibadah saja , namun terdapat nilai  sosial dan kemanusiaan sehingga bisa juga dibilang terdapat dua ibadah  yang paling menjadi titik tumpu yaitu ibadah kepada Allah subhanahu wata’ala  (hablum minallah) dan Hubungan kepada kemanusiaan  ( Hablum Minannas).  Zakat bisa  mengarah pada perkembangan perekonomian islam dan perkembangan dalam pengamalan zakat ini adalah sebagai memenuhi kewajiban sebagaimana perintah dari sang pencipta Allah Subhanahu wata’ala.

Zakat diharapkan bisa  sebagai bentuk sistem yang secara struktural yang mampu mengatasi masalah Kemiskinan dan juga mendorong perkembangan perekonomian di masyarakat yang memiliki nilai etis dalam melaksanakan zakat  dan terus dikembangkan. Yang sekarang ini lagi digerakkan zakat sebagai pengurang  kemiskinan dan juga pemberdayaan ekonomi. Pembahasan nilai etis ini akan dilakukan kepada pemikiran mengenai upaya untuk mengelola sumber-sumber ekonomi secara lebih rasional dan juga akan lebih efisien yang akan memberikan dampak sosial yang akan bisa dicapai dengan secara optimal atau maksimal.

Salah satu usaha supaya pertumbuhan ekonomi rakyat  dapat berjalan adalah dengan meningkatkan kesadaran untuk pengamalan mengenai zakat bagi setiap masyarakat islam di indonesia.umat islam sangat diperlukan kesadaran dalam berzakat.maka dari itu lembaga-lembaga zakat mulai tumbuh dan semakin banyak di kalangan masyarakat dan harus bisa memberikan edukasi tentang perlunya untuk berzakat, selain sebagai penghimpun dan mengelola dana zakat.  Cara untuk memberikan edukasi dan perlunya mengeluarkan zakat bagi umat muslim adalah dengan melakukan sosialisasi secara konsisten kepada umat islam  dengan memberikan edukasi tentang pentingnya mengeluarkan zakat dan memberikan informasi pembelajaran akan manfaat dan keuntungan dalam mengeluarkan zakat.

Dengan adanya zakat di masyarakat yang lingkungan kurang mampu bisa memberikan keringanan di dalam permasalahan ekonomi yang selalu dihadapinya,dan hati akan terasa lebih tenang  sebab bisa memberikan efek untuk selalu merasa bersyukur atas nikmat Allah subhanahu wa ta'ala  dalam memberikan sedikit harta yang mereka miliki kepda mereka yang paling memerlukan dan terjalinnya ukhuwah Islamiyah maka hidup akan terasa lebih indah.

Zakat merupakan sebuah ibadah yang sifatnya sosial kepada masyarakat. Hak tertentu yang diwajibkan Allah ta’ ala terhadap harta para kaum muslimin yang berkecukupan . dari harta orang yang memiliki harta yang lebih terdapat hak untuk para fakir miskin dan juga mustahik  lainnya yang membutuhkan.

Dengan rutin membayar zakat sesuai dengan ajaran rasulullah shallallahu alaihi wasallam  dan perintah allah Subhanahu wa ta'ala zakat bisa mengurangi kemiskinan , secara tidak langsung bisa mempengaruhi terhadap hasil produksi. Penghasilan yang dalam bentuk kekayaan  bisa mewujudkan pencapaian target perkembangan ekonomi,  yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dengan cara melakukan pengembangan penghasilan ekonomi atau mengatur unsur-unsur hasil produksi (Inayah,2003)

Program dalam memberantas kemiskinan seharusnya tidak sporadis. Sebab mereka akan segera limbung sesaat setelah ditolong , jika tidak ditopang salah satu tindakan dalam rencana mengentaskan kemiskinan adalah dengan cara pemetaan (mapping). Pemetaan yang dimaksud supaya mendapatkan data secara pas dan juga akurat dimana si miskin berada, dan  bisa juga akan mendapatkan data dimana si kaya bertempat tinggal.

Didalam islam tidak menghalangi seseorang memiliki kekayaan tetapi tidak juga membiarkan   kemiskinan terus berkembang. Dengan Adanya pemetaan ini akan menghindari adanya tumpang tindih dalam penanganan suatu daerah miskin oleh berbagai lembaga pada saat bersamaan.