Menjaga Sistem Imun Pada Tubuh Disaat Berpuasa

  • 13 April 2021
  • Admin

Tips Berpuasa Ramadhan di Saat Wabah Virus Corona. Bulan puasa  di tahun ini seluruh dunia mengalami pandemic. Dan kita sebagai umat muslim tidak ada alasan untuk tidak puasa karena kondisi pandemic virus corona. Kewajiban kepada Allah subhanahu wa ta’ala harus kita jalankan untuk membuktikan kalau kita selalu berlindung dan berserah diri kepada Allah ta’ala.

Puasa di tahun ini dibilang berat tidak juga ,asalkan kita menjalankan puasa atas dasar iman dan ketaqwaaan kepada Allah subhanahu wa ta’ ala .  Allah berfirman  di dalam alquran surah  Al Baqarah : 286) yang artinya: “ Allah tidak Membebani seseorang melainkan sesuai dengan ksanggupannya….”

 Agar kita terhindar dari yang namanya virus corona , kita wajib untuk menjaga sistem kekebalan tubuh atau  sistem imun  disaat menjalankan puasa . oleh karena itu berikut Tips Berpuasa  Ramadhan disaat Wabah Virus Corona:

1. Istirahat yang cukup.
Kondisi istirahat yang paling bagus adalah dalam keadaan tidur, karena disaat kita tidur orang kita semua akan istirahat, terkecuali bagian pencernaan tubuh. Diketahui  dalam riset , responden yang memiliki waktu tidur kurang, telah terbukti sangat mudah terserang penyakit flu atau pilek , dibanding yang memiliki waktu tidur yang cukup.

2. Makan –makanan Nabati.
Untuk menjaga sistem imun pada tubuh disaat berpuasa ,sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan nabati dengan cukup ,makanan nabati terdiri dari buah,sayur,sampai dengan kacang-kacangan yang memiliki khasiat Nutrisi dan  antioksidan  yang besar. Yang membuat sistem imun menjadi kuat dan juga bisa membasmi virus, bakteri yang membandel.

3. Makanan Lemak Baik
Perlunya dalam Mengkonsumsi Lemak baik bisa membantu meningkatkan sistem imun pada tubuh  seharian seperti minyak zaitun atau salmon. Disaat berbuka dan juga saat sahur.

4. Olah raga
Agar tubuh selalu aktif dan juga segar bugar, rutinlah berolahraga . saat berolahraga  kalian bisa di jam waktu sebelum berpuasa atau  dua jam keatas setelah berbuka puasa .

5. Minum air putih 
Disaat berbuka puasa atau sahur  utamakan minum air putih, jangan minum yang manis –manis secara berlebihan. Karena air putih adalah yang paling utama diperlukan untuk tubuh. Untuk menjaga kestabilan imun pada tubuh.

6. Konsumsi  Suplemen
Kalian bisa menambahkan suplemen  disaat berbuka puasa dan sahur. Suplemen bisa menambah kekebalan imun pada tubuh. Suplemen yang bisa meningkatkan imun tubuh  yaitu vitamin C,D,dan juga zinc.

Begitulah Tips Berpuasa Ramadhan di saat Wabah Virus Corona  ini bisa dijadikan acuan untuk membuat kondisi tubuh kita  selalu sehat dan segar selama menjalankan ibadah puasa. Semoga bermanfaat.