Nama Surga yang Diabadikan dalam Al-Qur'an

  • 21 April 2021
  • Admin

8 Nama Surga yang Diabadikan dalam Al-Qur'an.Surga merupakan tempat yang disediakan dan juga dijanjikan Allah Subhanahu wa ta’ala  bagi yang beriman dan juga bertakwa .dalam Hadis Rasulullah shalallahu alaihi wa salam  mengatakan  gambaran surge yaitu:

“ Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu , dari Nabi shalallahu ‘alaihi wa Salam , ia berkata, “Allah Ta’ala Berfirman : Aku sediakan bagi hamba-ku yang shalih berbagai kenikmatan yang tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah di dengar oleh telinga dan tidak pernah terbetik dalam benak manusia. Kalau kalian mau, baca lah, Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan. (QS. As- Sajdah: 17)

 Disini penulis akan menyebutkan 8 nama surga yang diabadikan dalam alquran, mari kita simak sebagai berikut.

1.    Surga Firdaus. Di dalam masyarakat islam pastinya tau dengan namanya firdaus yang dijadikan nama kepada anak-anaknya. Ternyata firdaus  adalah sebuah nama surge yaitu Surga Firdaus yang allah ciptakan dari emas. Dan  adapun dijelaskan untuk calon penghuninya berada ‘didalam alquran pada Surat Al Mu’minun ayat 1-11.

2.    Surga ‘Adn . Surga ‘Adn  Allah subhanahu wa ta’ala menciptakannya dari intan putih. Dan dalam surga ini nantinya akan di peruntukkan untuk manusia yang beriman dan juga bertaqwa kepada Allah subhanahu wa ta’ala dan juga memiliki perbuatan yang baik. Allah menyebutkan firmannya dalam QS.Al Bayyinanh :ayat 7-8).

3.    Surga Na’im.  Allah subhanahu wa ta’ala menciptakannya dari perak putih. Untuk para penghuni surga ini  merupakan seseorang yang benar-benar  selalu bertqwa dan juga memiliki amal yang saleh. Seperti yang di firman kan Allah subhanahu wa ta’ala  di dalam QS.Surat Luqman : Ayat 8.

4.    Surga Ma’wa. Allah subhanahu wa ta’ala menciptakannya dari  zambrud hijau. Dan penghuni surge ini disebutkan dalam alquran Surat  As.-Sajdah ayat 19 dan juga Surat An-Nazi’at ayat 40-41.

5.    Surga Darussalam. Allah subhanahu wa ta’ala menciptakannya dari Yakut Merah.untuk penghuni surga ini, adalah seseorang yang mempunyai  iman, islam yang kuat dan juga di dalam kehidupan sehari hari selalu mengamalkan ayat –ayat suci Alquran dan menngerjakan amal yang saleh karena Allah. Allah subhanahu wa ta’ala  berfirman dalam  Surat Al-An’am ayat 127.

6.    Surga Darul Muqamah. Allah subhanahu wa ta’ala menciptakannya dari Permata  putih.dan untuk penghuni surga ini adalah orang-orang yang telah mengerjakan kebaikan di saat hidup di dunia. Yang disebutkan di dalam alquran surat Fathir ayat 34 -35.

7.    Surga Al Maqaamul. Allah subhanahu wa ta’ala menciptakannya sama seperti halnya surga firdaus  yaitu dari emas. Di dalam surge ini nantinya akan di tempat oleh orang yang memiliki keimanan dan juga ketakwaan yang benar-benar kuat kepada allah.disebutkan di dalam alquran Surat Ad-Dukhan  ayat 51.
8.    Surga Khuldi . Allah subhanahu wa ta’ala menciptakannya dari marjan merah dan kuning. Surga ini di peruntukkan untuk orang yang selalu taat dalam menjalankan perintah  dan menjauhi segala yang dilarang Allah subhanahu wa ta’ala. Disebutkan dalam alquran Surat Al Furqan  ayat 15.