Niat puasa Sunnah ayyamul bidh. Untuk niat khusus untuk puasa sunnah ini tidak ada, cukup dengan niat di dalam hati kita sudah bisa melaksanakan puasa sunnah ayyamul bidh. Puasa sunnah dengan puasa wajib sangat lah berbeda dalam aturan untuk berniat puasa. Untuk niat puasa wajib niatnya wajib di malam hari sebelum mulainya waktu puasa.
Tetapi untuk puasa sunnah ada kelonggaran dalam berniat puasa, boleh niat pada pagi hari , dengan syarat belum dapat memakan apa pun atau belum melakukan kegiatan yang membatalkan puasa.
Hadits no.657 dari kitab bulughul maram karya ibnu Hajar disebutkan hadits, :
“ Dari ‘ Aisyah Ummul Mukminin, ia berkata , “ Nabi shallallahu ‘alaihi wa Salam pernah menemuiku pada suatu hari lantas beliau berkata, “ apakah kalian memiliki sesuatu untuk dimakan?” kami menjawab. “ Tidak ada.” Beliau pun berkata .” kalau begitu saya puasa saja sejak sekarang.” Kemudian di hari lain beliau menemui kami, lalu kami katakan pada beliau.” Kami baru saja dihadiahkan hays ( jenis makanan berisi campuran kurma, samin dan tepung).” Lantas beliau menjawab, “ Berikan makanan tersebut padaku, padahal tadi pagi aku sudah berniat puasa.” Lalu beliau menyantapnya> (HR.Muslim no. 1154)
Dari hadits diatas ada beberapa faedah yaitu
1. Niat puasa sunnah di perbolehkan di waktu pagi. Dengan demikian puasa sunnah tidak di syarat kan tabyiytun niat ( berniat di malam hari). Dan perlu ditekankan kalau ini hanya khusus untuk puasa sunnah mutlak. Apapun puasa sunnah tertentu ( mu’ayyan) yang dikaitkan dengan waktu tertentu, jadi sama seperti puasa wajib yang diharuskan untuk tabyiytun niat yang niatnya di waktu malam hari sebelum fajar subuh. Contoh puasa sunnah yang dikaitkan dengan waktu seperti puasa sunnah ayyamul bidh (13,14,15) , jadi wajib niat puasa sunnahnya di malam hari. Begitu penjelasan dari Syaikh Muhamad bin sholih AL ‘Utsaimin rahimahullah.
2. Niat puasa sunnah mutlak di waktu pagi hari puasanya Sah, contohnya jika niatnya di jam 8 pagi asalkan sebelumnya kita tidak ada kegiatan yang membatalkan puasa seperti halnya makan dan minum.
Begitulah beberapa faedah hadits dari Riwayat Muslim no. 1154 yang telah disebutkan diatas. Masih banyak beberapa faedah lainnya tetapi penulis cukup menyebutkan dua saja. semoga bisa di pahami.