Niat puasa Sunnah Ayyamul Bidh

  • 06 March 2021
  • Admin

Niat puasa Sunnah ayyamul bidh. Untuk niat khusus untuk puasa sunnah ini tidak ada, cukup dengan niat di dalam hati kita sudah bisa  melaksanakan puasa sunnah ayyamul bidh. Puasa sunnah dengan puasa wajib sangat lah berbeda dalam aturan untuk berniat  puasa. Untuk  niat puasa wajib niatnya wajib di malam hari sebelum mulainya waktu puasa.

Tetapi untuk puasa sunnah ada kelonggaran dalam berniat puasa, boleh niat pada pagi hari , dengan syarat  belum dapat memakan apa pun  atau  belum melakukan kegiatan yang membatalkan puasa.
Hadits no.657 dari kitab bulughul maram karya ibnu Hajar disebutkan hadits, :

“ Dari ‘ Aisyah Ummul Mukminin, ia berkata , “ Nabi shallallahu ‘alaihi  wa Salam pernah menemuiku pada suatu hari lantas beliau berkata, “ apakah kalian memiliki sesuatu untuk dimakan?” kami menjawab. “ Tidak ada.” Beliau pun berkata .” kalau begitu saya puasa saja sejak sekarang.” Kemudian di hari lain beliau menemui kami, lalu kami katakan pada beliau.” Kami baru saja dihadiahkan hays ( jenis makanan berisi campuran kurma, samin dan tepung).” Lantas beliau menjawab, “ Berikan makanan tersebut padaku, padahal tadi pagi aku sudah berniat puasa.” Lalu beliau menyantapnya> (HR.Muslim no. 1154)

Dari hadits  diatas  ada beberapa  faedah yaitu

1.       Niat puasa sunnah di perbolehkan   di waktu pagi. Dengan demikian  puasa sunnah  tidak di syarat kan tabyiytun niat ( berniat di malam hari). Dan perlu ditekankan  kalau ini hanya khusus untuk puasa  sunnah mutlak.  Apapun puasa sunnah  tertentu ( mu’ayyan)   yang dikaitkan  dengan waktu tertentu,   jadi sama seperti puasa  wajib  yang diharuskan untuk tabyiytun niat  yang niatnya di waktu malam hari  sebelum fajar subuh.  Contoh puasa sunnah yang dikaitkan dengan waktu  seperti puasa sunnah ayyamul bidh (13,14,15) , jadi wajib niat puasa sunnahnya di malam hari. Begitu penjelasan  dari Syaikh Muhamad bin sholih AL ‘Utsaimin rahimahullah.

2.       Niat puasa sunnah  mutlak  di waktu pagi hari  puasanya Sah, contohnya jika niatnya di jam 8 pagi  asalkan sebelumnya kita tidak ada kegiatan yang membatalkan puasa  seperti halnya makan dan minum.
Begitulah beberapa faedah  hadits dari Riwayat Muslim no. 1154 yang telah disebutkan diatas. Masih banyak beberapa faedah lainnya tetapi penulis cukup menyebutkan dua saja.  semoga bisa di pahami.