Niat Puasa Sunnah Daud

  • 16 March 2021
  • Admin

Perlu kita ketahui kalau untuk permasalahan Niat  ini di dalam hadist tidak ada yang menemukan  cara me lafadz kan niat puasa Daud. Karena  Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan juga para sahabat  dalam mengerjakan amalan dengan niat yang tidak dilafazkan.

Syaikh Wahbah  di dalam fiqih Islam wa Adillatuhu telah menjelaskan,  mayoritas keseluruhan para ulama telah sepakat kalau tempat  niat adalah di hati. Dalam Niat untuk di lafadzkan  itu tidak termasuk syarat, tetapi jumhur para ulama memiliki pendapat Hukumnya Sunnah  supaya bisa membantu hati  untuk menghadirkan niat.  Sedangkan  pendapat dari Mazhab imam maliki, yang  lebih baik  adalah tidak  di lafalkan niat dikarenakan tidak  ada sumber dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Tata Cara Puasa Daud
Untuk melaksanakan puasa Sunnah Daud   tidak jauh beda  dalam melaksanakan puasa  pada umumnya, puasa wajib dan puasa sunnah . Berikut penjelasan singkat tata caranya:

1.       Niat
Untuk  Niat dalam menjalankan ibadah puasa Daud  lebih baik  di lakukan di waktu malam hari,  sebelum terbitnya fajar.  Jika kita lupa dalam niat di  malam hariya, kita diperbolehkan untuk niat di waktu pagi, dengan syarat kita belum mengkonsumsi  apa-apa dan tidak  mengerjakan sesuatu apapun yang menyebabkan puasa batal.

2.       Makan Sahur
Dalam melakukan makan sahur sebelum keesokan harinya kita puasa merupakan suatu  amalan sunnah dalam mengerjakan puasa , jika kita melakukan sahur kita akan mendapat pahala dan juga keberkahan. Tetapi kalau saja tidak sahur, seperti hal nya kita terlambat  bangun  dan waktu sahur sudah habis, puasa yang kita kerjakan tetaplah sah .

3.       Menjaga diri dari hal-hal yang membatalkan
Sejak terbitnya  matahari sampai terbenam dalam berpuasa kita harus menahan diri dari makan, minum, berhubungn intim bersama istri dan juga hal-hal lain yang bisa membatalkan puasa.  Seperti ghibah,dusta dan segala hal  kemaksiatan .

4.       Berbuka
Saat matahari telah terbenam, maka bersegeralah berbuka puasa , karena  merupakan  salah satu bagian dari sunnah puasa.  Dan waktu untuk berbuka puasa Daud  sama dengan seperti waktu  berbuka puasa  wajib dan sunnah yang lainnya