Orang-Orang Yang Paling Berhak Menerima Sedekah

  • 25 June 2021
  • Admin

Informasi mengenai orang-orang yang mempunyai hak untuk memperoleh sedekah penting untuk Anda ketahui agar nantinya tepat sasaran dan sesuai dengan ajaran agama. Berikut akan dibahas secara lengkap mengenai siapa saja penerima sedekah. 

Daftar Orang Yang Berhak Menerima Sedekah

Keluarga Dekat
Keluarga merupakan orang paling dekat dengan Anda yang selalu ada di saat senang maupun susah. Apabila Anda terkena musibah maka orang pertama yang akan memberi pertolongan adalah keluarga. 

Oleh karena itu, saat Anda hendak bersedekah maka utamakan anggota keluarga dahulu. Jangan sampai Anda telah bersedekah untuk orang lain namun ternyata ada keluarga yang masih kekurangan. 
Sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan dalam sebuah hadis menegaskan perintah untuk bersedekah. Selain itu, dijelaskan juga secara rinci orang yang memiliki hak untuk mendapat sedekah. 
Awal mulanya ada seorang laki-laki yang memiliki uang satu dinar, kemudian nabi bersabda agar uang digunakan untuk laki-laki tersebut. Setelah kebutuhan sendiri terpenuhi maka selanjutnya untuk

istrinya, anak-anaknya dan pelayannya.
Selanjutnya, Rasulullah memperbolehkan laki-laki tersebut memberikan sebagian hartanya kepada siapa pun yang membutuhkan. 
Paman Dari Pihak Ibu

Ada seseorang yang memerdekakan budak perempuan. Lalu, setelah berita itu dikabarkan kepada Rasulullah maka beliau bersabda bahwasanya apabila orang tersebut memberikan kepada pamannya maka pahalanya justru lebih besar. 

Anak Yatim
Anak yatim juga menjadi salah satu target yang berhak mendapatkan sedekah. Contohnya dengan membantu biaya atau perlengkapan sekolah agar anak-anak tersebut kembali bisa mengenyam pendidikan.
Mungkin hanya hal kecil yang Anda lakukan, namun semua itu sangat berarti. Kepedulian Anda akan mendongkrak semangat anak-anak yatim untuk lebih giat belajar, meraih prestasi dan memperbaiki kualitas kehidupan keluarganya. 

Orang Miskin, Pengemis Dan Ibnu Sabil
Orang miskin dan pengemis sangat berhak atas sedekah Anda karena secara ekonomi keduanya tergolong kurang mampu dalam mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga turut memberi sedekah. 

Begitu pula dengan ibnu sabil atau musafir yang sedang menempuh perjalanan jauh tanpa keluarga atau sanak saudara. Saat memberi bantuan artinya hak orang tersebut Allah berikan melalui perantara Anda. 

Islam adalah agama paling sempurna, segala sesuatunya telah diatur di dalam Al Qur’an maupun hadis yang menjadi pedoman hidup umat manusia. Bahkan hak-hak orang lain pun diatur secara detail agar kehidupan semua orang sejahtera.