Pedoman Gizi Yang Seimbang Untuk Keluarga

  • 29 August 2022
  • Admin

 

Pentingnya Edukasi tentang Gizi untuk Anak, Gizi yang seimbang dan tepat merupakan elemen yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak secara optimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam memenuhi kebutuhan gizi pada anak adalah dengan menerapkan pengetahuan tentang gizi sejak dini.

Menerapkan edukasi terkait gizi kepada anak sejak dini juga dapat membantu anak mengerti terkait mana makanan yang baik dan mana makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi. Pola makan anak di usia pertumbuhannya memang terbilang cukup sulit untuk dikontrol apalagi jika anak sedang berada di masa usia serba ingin tahu, biasanya mereka lebih tertarik dengan jenis jenis makanan yang belum pernah mereka rasakan dan terlihat unik (belum tentu bergizi), nah disitulah pentingnya penerapan edukasi gizi terhadap anak sejak dini sehingga anak menjadi lebih mudah mengetahui mana makanan yang baik untuk dikonsumsi dan mana makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi.

Mengajarkan anak terkait dampak dampak dari mengkonsumsi makanan yang kurang sehat haruslah diterapkan sejak dini untuk agar nantinya anak anak tidak jajan sembarangan. Adapun beberapa contoh edukasi terkait gizi untuk anak yang dapat para orang tua terapkan dalam mengajarkan anak memahami seputar gizi. Lebih jelasnya simak di bawah.

Pengertian Gizi

Ketika anda hendak menerapkan edukasi kepada anak terkait gizi, ada baiknya jika anda memberi penjelasan kepada anak terlebih dahulu terkait apa yang dimaksud dengan gizi. Secara garis besar gizi adalah zat zat yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan proses di dalamnya,  

Pengertian Gizi Seimbang

Setelah menerapkan pemahaman dasar terkait yang maksud dengabn gizi maka selanjutnya anda bis amengajarkan kepada anak terkait pemahan tentang gizi seimbang. Berdasarkan para ahli, gizi seimbang adalah komposisi atau zat-zat yang cukup atau ideal untuk menjalankan proses didalam tubuh.

Fungsi Makanan yang Mengandung Gizi Seimbang

Jangan lupa juga untuk mengajarkan anak terkait fungsi dari makanan yang mengandung gizi yang seimbang dalam tubuh, dan berikan contoh contoh kepada anak anak anda terkait apa saja makanan yang mengandung gizi yang baik bagi tubuh, contohnya nasi, ketela, singkong, dan lain sebagainya merupakan sumber karbohidrat, sayur dan buah merupakan sumber dari vitamin, mineral dan juga serat dan juga sumber sumber dari protein dan lemak yang terdapat di dalam lauk pauk.

Pedoman Gizi Yang Seimbang Untuk Keluarga

Tidak dapat dipungkiri bahwa jenis jenis makanan yang dikonsumsi oleh anak juga bergantung dari apa yang dikonsumsi oleh para orang tuanya, maka dari itu jika anda ingin anak anak anda terbiasa dalam mengkonsumsi makanan makanan yang bergizi maka mulailah dari anda selaku orang tua.

Berikut beberapa pedoman gizi untuk keluarga yang sehat.

Makanlah makanan yang aman bagi kesehatan.

Bacalah label pada makanan yang dikemas.

Makanlah aneka ragam makanan yang mengandung semua zat yang kita perlukan.

Hindari minum minuman yang beralkohol.

Makanlah makanan sumber karbohidrat setengah dari kebutuhan energi.

Batasi konsumsi lemak dan minyak sampai seperempat kebutuhan energi.

Makanlah makanan sumber zat besi seperti daging, sayuran hijau, hati,dll.

Berikan ASI saja sampai anak berumur 6 bulan.

Biasakan makan pagi/sarapan.

Makanlah makanan untuk memenuhi kecukupan energi.

Olahraga atau kegiatan fisik secara teratur.

Gunakan garam beryodium untuk memasak.

Itulah sekilas informasi terkait edukasi tentang gizi untuk anak yang semoga dapat bermanfaat dan membantu anda dalam memenuhi gizi terhadap tumbuh kembang anak.