Pengertian 6 Rukun Iman dalam Islam

  • 06 August 2021
  • Admin

Pengertian 6 Rukun Iman dalam Islam - Rukun Iman adalah adalah pilar keimanan yang harus dimiliki oleh setiap umat muslim. Dalam agama islam, rukun iman terdiri dari 6 rukun yaitu Iman kepada Allah, Iman kepada Malaikat, Iman kepada Kitab-kitab-Nya, Iman kepada Nabi dan Rasul, Iman kepada Hari Akhir/Kiamat dan Iman kepada Qada dan Qadar.

Lantas apa pengertian dari setiap rukun iman tersebut.? Berikut pengertian dan penjelasan dari setiap rukun iman tersebut.

1. Iman kepada Allah

Sebagai umat muslim, sudah semestinya untuk beriman kepada Allah SWT, beriman dalam arti percaya akan keberadaan Allah. Allah ada sebagai Tuhan alam semesta yang menciptakan langit dan bumi beserta isinya.

Meyakini Allah SWT tidak hanya sebatas dengan kata kata atau ungkapan saja melainkan bukti dari apa yang telah kita lakukan yang sesuai dengan apa yang diperintahkan dengan apa yang telah dilarang. Makna dari meyakini adalah tiada Tuhan selain Allah.

2. Iman kepada Malaikat

Rukun iman yang kedua adalah iman kepada Malaikat. Allah telah memberikan tugas kepada seluruh Malaikan untuk mengatur seluruh isi alam beserta dengan isinya.

Ada 10 malaikat Allah yang perlu kamu ketahui, yakni Jibril (penyampai wahyu), Mikail (pembagi rezeki), Israfil (peniup terompet sangkakala), Izrail (pencabut nyawa), Munkar dan Nakir (penanya di alam kubur), Raqib dan Atid (pencatat amal), Malik (penjaga neraka), Ridwan (penjaga surga).

Makna rukun iman yang kedua ini yakni selalu senantiasa meyakini bahwa Malaikat itu ada dan selalu mengawasi kita semasa hidup di muka bumi ini.

3. Iman kepada Kitab-kitab-Nya

Untuk rukun iman yang ketiga adalah iman kepada kitab kitab Allah. Dalam ajaran islam kitab Allah. Kitab yang harus diimani ada empat.

Keempat kitab tersebut ialah taurat yang diturunkan melalui Nabi Musa, kitab Zabur yang diturunkan melalui Nabi Daud, kitab Injil yang diturunkan melalui Nabi Isa, dan Al-Qur'an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Kitab itu diturunkan kepada para Rasul, untuk kemudian dilanjutkan ke seluruh umat-Nya. Dengan berpedoman teguh pada kitab-kitab Allah, niscaya manusia bisa selamat dari siksa api neraka.

4. Iman kepada Nabi dan Rasul

Yang selanjutnya adalah iman kepada setiap nabi dan rasul yang merupakan utusan dari Allah SWT.Kita harus yakin bahwa Nabi dan Rasul merupakan manusia yang diutus Allah.

Beriman kepada Nabi dan Rasul artinya mempercayai atas segala ajarannya baik secara lisan maupun secara langsung dengan apa yang dicontohkan kepada para umatnya. 

5. Iman kepada Hari Akhir/Kiamat

Umat islam juga harus yakin dengan adanya hari kiamat, hari yang dimana segala isi dimuka bumi ini akan musnahkan.

Meyakini adanya hari kiamat tentu dapat membuat kita merasa penting untuk mengamalkan segala hal hal yang baik dan mengumpulkan pahala selama hidup di muka bumi ini.

6. Iman kepada Qada dan Qadar

Rukun iman yang keenam adalah iman kepada qada dan qadar. Umat Muslim wajib percaya kepada qada dan qadar yang merupakan takdir Allah yang baik maupun buruk. Takdir merupakan ketentuan yang terjadi di alam semesta.