Penting Ini DIa Prioritas Memberikan Infaq Sesuai Syariah Islam

  • 14 April 2021
  • Admin

Prioritas Memberikan Infaq Sesuai Syariah Islam.  Sesuai dengan  alquran dan hadist , infaq merupakan amalan ibadah sunnah. Walaupun infaq hukumnya sunah, tetapi dalam situasi tertentu infaq bisa menjadi hukumnya wajib. Oleh karena itu umat islam  akan selalu berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan, agar mendapatkan pahala yang besar dari berinfaq.

Di kehidupan sehari -hari infaq  memiliki peranan yang sangat penting bagi seorang  muslim.  Dalam prakteknya infak merupakan sarana untuk berbagi   terhadap Muslim lain  yang sedang mengalami kesusahan. Dalam hadist yang diriwayatkan  oleh Imam Bukhari dan Muslim  Rasulullah  shalallahu alaihi wa salam menyebutkan   bahwa terdapat malaikat yang selalu mendoakan orang yang berinfak rezekinya berlimpah dan kehancuran bagi orang yang menahan infaq.

Perintah untuk umat muslim berinfak telah dijelaskan dalam alquran   dalam surat QS.Ali – Imran ayat 134  yang  berbunyi

“ yaitu orang-orang yang manafkahkan (hartanya). Baik di waktu lapang maupun sempit,dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan)orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. “

Perlunya diketahui bahwa hukum infaq  ada dua jenis , berikut penjelasannya:

1.       Infaq Wajib. Dalam pelaksanaan infaq wajib adalah memberi bantuan kepada keluarga terdekat seperti  anak,istri,dan juga kedua orang tua. Suatu prioritas memberikan infaq sesuai syariah islam kita berinfaq kepada keluarga terdekat.  Yang diatur dalam alquran dan hadist .   salah satu dalil alqurannya  QS Al baqarah ayar 233 yang isinya terdapat mewajibkan bagi setiap suami memberikan nafkah yang baik kepada isteri.

2.       Infaq Sunnah. Merupakan hukum  dalam memberikan infaq  terhadap orang lain yang bukan keluarga terdekat. Tetapi dalam memberikan infaq sunnah harus memprioritaskan  dari keluarga terdekat dulu.

Sebagai sesama muslim kita memang mewajibkan saling memberikan infaq secara bebas . boleh memberikan infaq kepada orang miskin, dhuafa dan juga anak yatim. Tetapi , secara syariat nya kita wajib memprioritaskan memberikan infaq sesuai syariat islam yaitu mendahulukan keluarga terdekat , keluarga jauh,tetangga,ataupun teman dekat yang kondisinya sangat membutuhkan secara ekonomi.
Begitulah pengetahuan tentang prioritas memberikan infaq sesuai syariah islam . Allah telah berjanji jika kita sebagai seorang muslim terbiasa ber infaq ,maka harta yang kita punya tidak akan habis. Dan berinfaq itu bisa membuat rezeki kita semakin lancer dan juga berkah.