Penting Zakat Merupakan Salah Satu Pilar Penting Dalam Ajaran Islam

  • 16 April 2021
  • Admin

Zakat Merupakan Salah Satu Pilar Penting Dalam Ajaran Islam. Setiap muslim yang sudah menjalankan puasa selama satu bulan lebih  di bulan Ramadhan diwajibkan untuk mengeluarkan zakat. Karena zakat adalah untuk membuat puasa di bulan Ramadhan lebih sempurna.

Ustad Asran Naution saat mengisi ceramah di kota medan mengatakan  “Sempurnakan puasa dengan berzakat  harus disegerakan . ibadah puasa akan tergantung di antara langit dan bumi sebelum zakat dilaksanakan .”

Allah Subhanahu wata’ala memberikan  bulan suci Ramadhan sebagai media yang diciptakan untuk membuat umat muslim yang mempunyai harta yang lebih terbiasa berbagi  kepada yang kurang mampu. Zakat juga merupakan salah satu ibadah amaliah yang mempunyai tempat yang sangat fundamental yang diajarkan agama islam  untuk selalu semangat berbagi.
Zakat merupakan salah satu pilar penting dalam ajaran islam, dimana berbagi dengan niat ibadah bisa mempunyai manfaat yang lebih banyak dan lebih afdol jika dilaksanakan bersama-sama, manfaat dari zakat  yaitu pembersihan dosa,terhindar dari siksa api neraka, puasa di bulan Ramadhan bisa diterima allah subhanahu wata’ala.

Melaksana kan zakat bisa membuat seorang muslim  masuk surga,dan insya Allah berhak mendapatkan syafaat di hari akhir atau hari kiamat nanti, amal kebaikan bagi orang yang suka berzakat akan bisa membuat timbangan amal kebaikan menjadi lebih berat, dan juga bisa terhapusnya dari daftar orang-orang yang durhaka kepada Allah subhanahuwata’ala.

“selama kita masih hidup di dunia ini, insya Allah kita kan selalu bertemu dengan bulan suci Ramadhan dan janganlah pernah lupa dengan berzakat.  Semoga dengan berzakat kita selalu diberi kesehatan, rezeki yang bertambah berkah dan halal. Dan juga diberikan umur panjang supaya kita bisa selalu berbuat baik dan memperbanyak pahala untuk menutupi semua dosa –dosa kita yang baik disengaja maupun tidak disengaja.

Zakat pada umumnya terdiri dari zakat fitrah dan juga zakat mal.  Zakat fitrah  dilaksanakan hingga menjelang  sholat idul fitri besaran yang wajib dikeluarkan  2,7 kg beras /orang.
Kalau zakat adalah zakat emas perak,perdagangan , pertanian,peternakan,profesi atau penghasilan, dan surat –surat berharga  contohnya saham dan sukuk, dan semua itu wajib dikeluarkan jika sudah mencapai nisabnya.

Islam mengajarkan berzakat  supaya kita sebagai umat muslim bisa meringankan penderitaan orang-orang miskin.