Peran Istri Dalam Islam

  • 04 June 2021
  • Admin

Terkadang kebanyakan seorang istri kurang mengetahui kewajibannya, dan seorang istri hanya mementingkan hak nya saja.  Begitu juga sebaliknya suami. 

1.       Yang pertama adalah mentaati perintah suami
Seorang isteri yang taat terhadap suaminya, tidak membangkang  itulah sebaik –baiknya wanita. Seperti yang di katakan Abu Hurairah radhiyallahu’anhu
“ Pernah di tanyakan kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam, “ Siapakah wanita yang paling baik?” jawab beliau, “Yaitu yang paling menyenangkan jika dilihat  suaminya,mentaati suami jika diperintah, dan tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya sehingga membuat suami benci” (HR.An-Nasai no 323`dan Ahmad 2:251. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadist ini hasan shahih).

2.       Yang kedua tidak keluar kecuali atas izin suami da berdiam di rumah. Allah Taála telah berfirman,
Yang artinya : “Dan hendaklah kamu tetap dirumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiloyah yang dahulu” (QS. Al Ahzab:33).
Jika seorang istri ingin keluar ke rumah, seperti mau mengunjungi orang tua, mau keluar untuk membeli kebutuhan yang lain ataupun keperluan shalat di masjid . seorang istri tidak boleh keluar tanpa seizin suami .

3.       Yang ketiga Taat ketika diajak ke ranjang pada suami. Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda yang artinya
“Jika seorang pra mengajak isterinya ke ranjang,lantas si isteri enggan memenuhi nya,maka malaikat akan melaknatnya hingga waktu subuh” (HR. Bukhari no.5193 dan Muslim no.1436).