Puasa Sunnah Senin Kamis

  • 13 March 2021
  • Admin

Puasa di dalam islam merupakan amalan yang memiliki keutamaan yang sangat besar pahalanya.  Dan Puasa juga bisa membuat kita terlepas dengan berbagai godaan syahwat dan  terhindar dari  siksa dari api neraka di akhirat. Dalam melaksanakan ibadah puasa ada yang diwajibkan dan juga ada yang disunnahkan.

Puasa Sunnah yang dianjurkan salah satunya adalah puasa  senin dan kamis  dalil anjuran puasa ini  sebagai berikut

Dalil Pertama:

Dari Abu Qotadah Al Anshori radhiyallahu ‘anhu , Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang puasa di hari senin, terus beliau menjawab,
“ hari tersebut adalah hari aku dilahirkan,hari aku diutus atau diturunkan wahyu untukku.”

Dalil kedua:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“ Berbagai  amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.”

Dalil Ketiga:

Dari ‘Aisyah, beliau mengatakan,
“ rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari senin dan kamis.”
 
Adapun amalan  amalan baik  pasti ada faedahnya, berikut faedah amalan Puasa Senin –Kamis
1.       Catatan amal yang akan dihadapkan kepada allah ta’ala
2.       Adanya waktu istirahat di setiap  pekannya untuk badan.
 
Dari ‘Aisyah – radhiyallahu ‘anha-, rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda’

“ Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.”  ‘ Aisyah pun ketika melakukan suatu amalan selalu berkeinginan keras untuk merutinkannya.
‘Alqomah pernah bertanya kepada ummul Mukminin ‘Aisyah, “ Wahai Ummul Mukminin, bagai manakah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam beramal? Apakah beliau mengkhusus kan hari-hari tertentu untuk beramal?” ‘Aisyah menjawab,

“ Tidak ,Amalan beliau adalah amalan yang kontinu (rutin dilakukan). Siapa saja diantara kalian pasti mampu melakukan yang beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam lakukan.
 Perlu diketahui juga untuk Puasa senin Kamis  pelaksanaannya   sama dengan puasa wajib pada di Bulan Ramadhan.  Seperti halnya dianjurkannya untuk mengakhirkan makan sahur dan menyegerakan berbuka.  Dan untuk niat, tidak  ada lafazh khusus  untuk di ucapkan . dan niatnya hanya cukup dalam hati saja.