Suka Kesiangan Sahur ?  Coba Baca Tips Bangun Ini

  • 15 April 2022
  • Admin

 

Suka Kesiangan sahur ?  Coba baca tips Bangun ini. Melakukan makan sahur merupakan ibadah yang dilakukan kepada umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa di pagi hari setelah sholat subuh dan juga berbuka disaat adzan magrib.

Keseringan kita mau melaksanakan makan sahur , tetapi sudah ketinggalan atau kesiangan bangun  saat bangun sudah adzan subuh. Yang membuat tidak sempat makan sahur. Padahal perlu diketahui , betapa pentingnya aktivitas makan sahur , karena  keesokannya kita tidak akan ada asupan makan dan minum di tubuh kita selama berpuasa.

Makan sahur  bisa membuat puasa kita selalu tetap bertenaga . supaya tidak kesiangan bangun saat makan sahur dan mudah bangun nya , berikut Tips makan sahur supaya tidak kesiangan.

1.       Jangan Begadang

Untuk tips yang pertama ini, kita jangan lah begadang, karena kalau begadang keseringan kita akan sulit untuk bangun sahur. Tidurlah di jam 9 atau jam 10  malam , maka secara otomatis kita akan bangun di jam 3  pagi.

Dan disaat kita sudah bangun janganlah tidur lagi , tetapi bangun saja, dan lakukan kegiatan apa saja yang bisa membuat kita tidak mengantuk.

2.       Menaruh alarm jangan dekat dengan tempat tidur

Untuk tips yang kedua ini  sangat bermanfaat untuk kebanyakan orang .  biasanya kita ingin bangun jam 3 pagi kita mengatur jam beker atau hp kita diisi alarm supaya berbunyi di jam yang kita tentukan. Tetapi keseringan kita disaat jam beker atau hp kita berbunyi kita langsung mematikannya karena berada dekat dengan tubuh kita, jadi disaat mematikannya kita tidak perlu badan kita yang bergerak hanya cukup tangan kita saja yang bisa mematikannya. Jadi secara tidak langsung kita tidak akan bangun dan akan tidur lagi.

Untuk solusi masalah diatas maka tetap atur alarm  sesuai dengan jam yang kita inginkan , tetapi perbedaanya kita letakkan alarm tersebut jauh dari tempat tidur kita . jadi disaat alarm tersebut berbunyi, maka kita akan mematikan alarm tersebut dengan bangun dan berjalan menuju arah alarm tersebut diletakkan. Dengan begitu kita kita akan membuka mata dan bangun dari tempat tidur.

3.       Kurangi makan setelah berbuka

Berilah batasan makan setelah berbuka puasa. Disaat kita seharian dalam menahan lapar dan dahaga , yang membuat kita merasa lapar mata dan akan mengumpulkan bermacam-macam jenis makanan  untuk disantap saat berbuka puasa.

Tetapi perlu kita ketahui dan kita ingat, walaupun kiat puasa, kebutuhan tubuh  kita  tetap sama  dan kita bisa memenuhinya di saat waktu buka dan sahur.

Oleh karena itu , makanlah secukupnya dan jangan berlebihan. Hal ini bisa membuat perut kita merasa lebih nyaman, sebab tidak kelebihan muatan atau kekenyangan.

Kalau kita melakukan tips  yang ketiga ini , kita akan merasakan diri kita lebih bersemangat untuk bangun sahur dan kembali makan yang dibutuhkan .

4.       Kurangi main handphone

Untuk tips yang keempat ini masih ada hubungannya dengan tidur cepat,   bermain ponsel sebelum kita tidur itu bisa membuat kita tetap melek dan sulit untuk memejamkan mata.  Ponsel bisa bisa menjelajahi apa saja melalui internet, bermain game, melihat toko-toko online dan lain sebagainya. Yang membuat kita akan merasa nyaman dan kita tidak akan merasakan mengantuk.  Maka dari itu  kurangi bermain ponsel saat akan tidur malam  terkecuali memang lagi ada keperluan penting yang tidak bisa ditunda , maka kita bisa menyelesaikannya .

Begitulah tips bangun sahur saat bulan puasa, semoga bermanfaat.