Surat Al-Qur'an Pembuka Pintu Rezeki, Doa, Ayat

  • 04 September 2021
  • Admin

Surat Al-Qur'an Pembuka Pintu Rezeki, Doa, Ayat , Rezeki Allah sangatlah luar, tidak hanya berupa materi melainkan kesehatan, keluarga, kebahagiaan dan lainnya juga merupakan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT kepada para umatnya.

Kita sebagai umat muslit setidaknya harus tau bagaimana cara cara agar kita mendapatkan rezeki, baik dengan berdoa atau bekerja. Berikut ini ada beberapa ayat dalam Al-Quran sebagai doa atau ayat pembuka pintu rezeki.

Surat Asy-Syuura Ayat 12

لَهٗ مَقَا لِيْدُ السَّمٰوٰتِ وَا لْاَ رْضِ ۚ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَّشَآءُ وَيَقْدِرُ ۗ اِنَّهٗ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ

Artinya: Hanya milik Allah perbendaharaan langit dan bumi, Dialah yang melapangkan rezeki serta membatasinya bagi siapa yang dikehendakinya. Allah Maha mengetahui segala sesuatu.

Surat Al-Fathir Ayat 3

يٰۤاَ يُّهَا النَّا سُ اذْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ ۗ هَلْ مِنْ خَا لِـقٍ غَيْرُ اللّٰهِ يَرْزُقُكُمْ مِّنَ السَّمَآءِ وَا لْاَ رْضِ ۗ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۖ فَاَ نّٰى تُؤْفَكُوْنَ

Artinya: Wahai manusia ingatlah terhadap nikmat Allah yang diberikan kepadamu. Apakah ada penciptaan yang dapat memberikan rezeki kepadamu dari langit dan bumi? Tidak ada tuhan selain Allah. Maka mengapa kalian berpaling darinya.

Surat Al-Baqarah Ayat 286

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَاۤ اِنْ نَّسِيْنَاۤ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَاۤ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَا قَةَ لَنَا بِهٖ ۚ وَا عْفُ عَنَّا ۗ وَا غْفِرْ لَنَا ۗ وَا رْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰٮنَا فَا نْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Artinya: Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya, mereka akan mendapatkan pahala dari kebaikan yang dikerjakan. Dan mereka akan mendapatkan siksaan dari kejahatan yang dikerjakan pula.

Lalu mereka berdoa; Ya Tuhan kami jangan engkau hukum kami jika kami lupa atau salah.

Ya Tuhan kami jangan engkau bebani kami dengan beban yang berat, sebagaimana engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami.

Ya Tuhan kami janganlah engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkan kami, ampuni kami, serta rahmati kami, engkaulah pelindung kami. Maka tolonglah kami dalam menghadapi orang-orang kafir.

Surat Al-Insyirah Ayat 5

فَاِ نَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا ۙ

Artinya: Maka sesungguhnya bersama kesulitan pasti ada kemudahan

Surat Ar-Ra’d Ayat 11

اِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَ نْفُسِهِمْ ۗ وَاِ ذَاۤ اَرَا دَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْٓءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚ وَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّا لٍ

Artinya: Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sebelum mereka mengubahnya sendiri. Apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum. Maka tidak ada yang dapat menolaknya serta tidak ada pelindung bagi mereka selain Allah.

Surat Al-Talaq Ayat 3

وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗ اِنَّ اللّٰهَ بَا لِغُ اَمْرِهٖ ۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Artinya: Allah akan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka, barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupi keperluannya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusannya, serta telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.

Surat An-Nur Ayat 55

وَعَدَ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْ وَ عَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ لَـيَسْتَخْلِفَـنَّهُمْ فِى الْاَ رْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْ ۖ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِيْنَهُمُ الَّذِى ارْتَضٰى لَهُمْ وَلَـيُبَدِّلَــنَّهُمْ مِّنْۢ بَعْدِ خَوْفِهِمْ اَمْنًا ۗ يَعْبُدُوْنَنِيْ لَا يُشْرِكُوْنَ بِيْ شَيْـئًــا ۗ وَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذٰلِكَ فَاُ ولٰٓئِكَ هُمُ الْفٰسِقُوْنَ

Artinya: Allah telah menjanjikan kepada orang-orang diantara kalian yang beriman serta yang mengerjakan kebaikan. Bahwa mereka sungguh akan menjadikan berkuasa di bumi, sebagaimana dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa.