Syarat dan Rukun Wajib Puasa Ramadhan Yang Harus Diketahui

  • 16 March 2021
  • Admin

Syarat dan  Rukun Wajib Puasa Ramadhan Yang Harus Diketahui. Puasa Ramadhan sebentar lagi akan tiba. Bagi setiap  muslim  kita diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh karena Puasa ramadhan adalah Rukun Islam yang keempat . bulan puasa  kita akan menahan makan,minum, perbuatan buruk dan juga yang lainnya  yang akan membatalkan puasa.
Puasa ramadhan diperintahkan  melalui Firman Allah Subhanahu wa ta’ala  di Surat Al-Baqarah ayat 183. Yang artinya

“ Hai orang –orang yang beriman , diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana  diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.
 Untuk melaksana kan ibadah puasa ramadhan terdapat rukun dan juga syarat wajib yang perlu di penuhi. Dan juga wajib difahami dengan baik bagi seluruh umat muslim  supaya ibadah puasanya  di terima .

RUKUN PUASA

1.       Niat
Adapun rukun  puasa yang pertama adalah NIAT. Niat sebagai rukun yang utama yang sebaiknya diucapkan di waktu malam hari  , bisa juga diucapkan di waktu sahur  atau  setelah sholat tarawih.
Adapun Niat Puasa Ramadhan  yaitu :

  “ Nawaitu shauma ghadin an’ adai fardi syahri ramadhani hadzihisanati lillahita’ala”
Yang Artinya : “ Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadan  tahun ini , karena Allah Ta’ ala.”

2.       Menahan Diri dari pembatal Puasa
Sebaiknya  kita  menahan diri dari semua hal yang bisa membatalkan puasa dari  terbit fajar(waktu subuh) sampai terbenam Matahari(Waktu Magrib) dengan niat karena Allah Subhanahu wa ta’ala.  ada hal –hal yang bisa membatalkan puasa yaitu makan-minum, hubungan suami-istri di waktu siang hari, muntah disengaja, keluar mani yang disengaja, haid,nifas, serta murtad atau keluar dari Islam.

Syarat Wajib Puasa
-          Muslim
-          Baligh ( Mencapai Umur Dewasa)
-          Memiliki Akal Sehat
-          Sehat Jasmani dan Rohani
-          Bukan Seorang musafir ( melakukan perjalan jauh)
-          Tidak dalam keadaan haid dan nifas
-           Mampu dan Kuat menjalankannya.

Begitulah uraian singkat  Syarat dan Rukun  Wajib puasa Ramadhan, semoga bermanfaat