Tabayyun adalah Menyeleksi sebuah Informasi, Ketahui Definisi dan Caranya dalam Islam

  • 13 July 2021
  • Admin

Tabayyun adalah Menyeleksi sebuah Informasi, Ketahui Definisi dan Caranya dalam Islam Interaksi sosial dalam kehidupan sehari hari, terdapat beberapa adab dan prilaku yang wajib diamalkan oleh seorang muslim yang diataranya adalah melakukan tabayyun. Tabayyun merupakan salah satu jaran yang telah dikenal sejak zaman Rasulullah SAW. Di era modern seperti saat ini dikenal dengan istilah cek dan ricek terkait khabar kahabar yang beredar.

Tabayyun sendiri merupakan sebuah proses yang digunakan dalam menyelkesaikan sbeuah masalah dengan cara mengklarifikasikan serta menganalisis masalah yang telah terjadi, sehingga dengan menerapkan tabayyun masalah dapat diselesaikan dengan cara yang baik, nijak dan sesuai dengan keadaan para masyarakat sekitar.

Namun saat ini tidak jarang banyak orang orang yang terkadang langsung percaya dengan isu isu atau kabar yang beredar tanpa mencari tahu kebenaran dan fakta dari berita tersebut sehingga terjadilah sebuah fitnah yang dapat merugikan berbagai pihak. Untuk itu penerapan tabayyun sangat dibutuhkan untuk mengklarifikasi masalah tanpa merugikan siapapun.

Definisi Sikap Tabayyun
Menurut bahasa arab Tabayyun adalah mencari kejelasan hingga terang dan benar, sementara secara istilah Tabayyun adalah sebuah proses mencari kebenaran akan suatu hal dengan menganalisis dan mengecek berbagai aspek untuk mendapatkan sebuah kebenaran.

Dalam pribadi seorang muslim, Tabayyun ini sangatlah penting untuk diterapkan agar tidak ada prasangka buruk terhadap seseorang dari berita dan kabar yang belum jelas asal usulnya serta kebenaran berita tersebut. dengan demikian tentu kita dapat terhindar dari sifat fitnah yang menyalahkan atau berprasangka buruk terhadap seseorang.
Tabayyun sendiri merukapan akhlak yang mulia yang merupakan prinsip prinsip yang menanamkan dan menjaga kemurnian ajaran Islam dan keharmonisan pergaulan. Dengan penerapan sikap yang Tabayyun juga dapat membantu kita terhindar dari perselisihan paham dan pertumpahan darah yang mungkin saja disebabkan oleh khabar burung yang diungkapkan oleh seseorang kepada orang yang belum tentu salah dan benarnya.

Oleh sebab itu, Allah SWT memerintahkan kepada orang yang beriman agar selalu tabayyun dalam menghadapi berita yang disampaikan kepadanya agar tidak menyesal di kemudian hari seperti yang tertuang dalam surat Al Hujurat ayat 6.

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepada kamu seorang fasik membawa suatu berita, maka bersungguh-sungguhlah mencari kejelasan agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa pengetahuan yang menyebabkan kamu atas perbuatan kamu menjadi orang-orang yang menyesal.” (QS. Al-Hujurat[49]: 6).

Cara Bertabayyun dalam Islam
Agar anda dapat bersikap Tabayyun, seorang muslim harus terbiasa dengan melakukan riset informasi. Islam sendiri telah mengenal berbagai jenis riset yang didasarkan pada pendapat ilmuwan seperti Al-Farabi, Al-Khawarizmi, Ibnu khaldun, dan Imam Ghazali.
1. Riset Bayani
2. Riset Istiqra'i
3. Riset Jadali
4. Riset Burhani
5. Riset Irfani
Itulah sekilas informasi dari definisi dan cara Bertabayyun dan semoga dapat membantu kita untuk terhindar dari yang namanya fitnah.