Tata Cara Bayar Fidyah Puasa Ramadhan

  • 12 March 2021
  • Admin

Tata cara bayar fidyah puasa Ramadhan Kalau kita memiliki hutang puasa di bulan Ramadhan  khususnya  seorang wanita yang  udzur nya hamil.  Bisa cukup membayar fidyah saja untuk membayar hutang puasa nya. untuk cara membayar nya , lebih utama di waktu bulan Ramadhan,  di saat kita tidak menjalankan ibadah puasa di saat itu kita bisa langsung membayar nya sebelum hari raya idul fitri . tetapi untuk membayar fidyah bisa juga dilakukan setelah selesai bulan ramadhan.

Untuk berapa besaran fidyah yang  harus dibayarkan  minimal 1 mud, atau  sama dengan ¾ liter makanan pokok. Dan ada juga  para ulama yang menyatakan, fidyah yang dibayarkan 2 mud atau sama dengan 1,5 kg makanan pokok.  Ada juga yang mengatakan  membayar fidyah   1 sha’ atau sama dengan 2,75 liter  makanan pokok. Tetapi  yang terbaik  untuk membayar fidyah  dengan memberikan makanan orang miskin pada siang dan malam , dengan satu porsi yang cukup untuk mengenyangkan .

Berikut tata cara bayar fidyah puasa Ramadhan yang bisa kita lakukan :

1.       Membuat masakan makanan sendiri
Kita dapat membuat masakan makanan sendiri, dengan porsi makanan yang cukup mengenyangkan . bisa kita masak dengan jumlah porsi yang tidak dapat kamu laksanakan dalam ibadah puasa ramadhan . contoh kita tidak bisa mengerjakan puasa ramadhan sebanyak 30 hari , maka kita bisa memasak  makanan sebanyak 30 porsi.

2.       Memberikan bahan makanan pokok yang belum dimasak
Kita bisa memberikan bahan makanan pokok yang dapat dimasak oleh para penerima fidyah.dan  alangkah baiknya kita bisa memberikan juga lauk pauk untuk mereka makan .untuk jumlah paket makanan  yang diberikan sejumlah berapa hari kita tidak berpuasa  ramadhan.

Jika kita memang mempunyai tanggungan untuk membayar fidyah,  disarankan untuk  cepat di laksanakan  kewajiban fidyah sekarang hari itu juga . jangn pernah di tunda tunda. Dengan tidak menunda membayar fidyah, insya allah hidup kita  akan menjadi lebih berkah dan penuh dengan manfaat